Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Yogyakarta

TV Analog di DIY Mulai Dinonaktifkan Per 3 Desember

Pedagang menunjukkan STB yang dijual di tokonya. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Yogyakarta – Layanan TV analog untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mulai dinonaktifkan mulai Sabtu (3/12/2022) akhir pekan ini. Sesuai rencana, penonaktifan tersebut akan dimulai pukul 00.01 WIB.

Kebijakan penonaktifan dan peralihan TV analog ke TV digital atau analog switch off  (ASO) itu disampaikan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta seusai rapat koordinasi persiapan ASO dengan Balai Monitoring Frekuensi Radio Kelas 1 Jogja, Kamis (24/11/2022).

”Benar, untuk wilayah DIY, Jawa Barat dan Jawa Tengah analog switch off akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2022, pukul 00.01 WIB. Masyarakat masih bisa menikmati frekuensi analog secara formal sampai dengan Jumat, 2 Desember 2022,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Diskominfo Yogyakarta Frans Indiarto, Kamis (1/12/2022).

Sebenarnya, Pemerintah Pusat berencana menonaktifan layanan TV analog pada 25 November lalu untuk wilayah Jawa. Namun, akibat pendistribusian set top box (STB) untuk menangkap siaran TV digital yang belum merata, analog switch off ditunda  sampai 2 Desember. Sebelumnya, TV analog telah dimatikan di wilayah Jabodetabek.

”Namun secara resmi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY, analog switch off sudah dimulai pada 3 Desember 2022. Sementara di wilayah Jawa Timur, analog switch off belum diberlakukan pada 3 Desember 2022 karena masih banyak warga masyarakat yang belum memiliki STB,” jelasnya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosan Kota Yogyakarta Edy Sugiarto menyatakan sebanyak 90 persen STB telah disalurkan kepada masyarakat di Jogja.

Bantuan STB diberikan kepada 3.225 warga dan 3.070 sudah disalurkan sampai dengan dengan 14 November lalu.

”Kami imbau kepada warga yang belum beralih ke TV digital untuk segera melakukan peralihan sampai batas waktu yang ditentukan,” ungkapnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.