Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Ganjar: Ayo Tobat Jangan Korupsi

Gubernur Ganjar Pranowo (tengah, red) di sela-sela pembukaan Hakordia di Surabaya. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh pihak di Indonesia untuk berkomitmen antikorupsi. Ganjar mendorong pada pihak-pihak yang selama ini masih ”nakal” dengan uang rakyat agar segera tobat.

”Ayo tobat. Tobat jangan korupsi lagi, yang rugi rakyat,” kata Ganjar di sela-sela menghadiri pembukaan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (1/12/2022).

Hakordia yang diperingati setiap tahun menurutnya harus menjadi momen untuk membulatkan tekad dan menegakkan aturan untuk memberantas tindakan korupsi.

Semangat dan tekad, lanjut Ganjar, dilakukan bukan hanya untuk penindakan, melainkan juga perlu adanya langkah preventif atau pencegahan. Ganjar mengakui pencegahan bukan hal yang gampang.

”Tapi makin hari makin bagus. Kemarin di Jateng merayakan secara nasional desa antikorupsi. Terus, hari ini tentu mengundang untuk kabupaten/kota dan provinsi, khususnya yang di wilayah binaan 3 dari KPK dan kita diminta untuk mendorong secara serius untuk gerakan-gerakan antikorupsi,” ujarnya.

Baca: Banyubiru jadi Desa Antikorupsi, Ganjar Ingin Budaya Antikorupsi Terus Menggema

Ganjar mencontohkan pencegahan korupsi di pemerintahan bisa dimulai sejak perencanaan program. Hal ini dapat dilakukan secara transparan dengan melibatkan partisipasi masyarakat, sejalan dengan DPRD.

”Kemudian kita dorong pada program yang ingin dituju, konteksnya kesejahteraan. Pasti distorsinya sudah terjadi dan distorsi itu butuh satu pengawasan, yang kedua butuh penindakan. Kalau ketua KPK tadi ayo kita jaga bersama-sama. Tapi kalau sudah diingatkan tidak bisa, maka pasti akan disikat,” tegasnya.

Sementara Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri menyampaikan bahwa kagiatan kali ini merupakan Roadshow Hakordia di Surabaya, untuk menyiapkan diri dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia 2022 yang puncaknya pada 9 Desember mendatang di Jakarta.

”Kegiatannya adalah kita menyiapkan diri dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia 2022 dengan tema Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi,” tandasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.