Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PNS di Jepara Langsung Dapat KK dan KTP Baru saat Pensiun

PNS di Jepara Langsung Dapat KK dan KTP Baru saat Pensiun

Penyerahan KK dan KTP baru bagi pensiunan dari Disdukcapil Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memberi layanan khusus bagi pensiunan. Setelah dinyatakan pensiun, Pegawai Negeri Sipil (PNS)  langsung dapat KK dan KTP baru.

Program ini merupakan kerja sama antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jepara bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara, untuk memberikan pelayanan kepada mereka.

Program KK dan KTP baru bagi PNS ini, diluncurkan pada kegiatan Penyerahan Surat Keputusan (SK) pensiun dan tabungan hari tua, Kamis (1/12/2022), di Pendapa RA Kartini Jepara.

Baca: Buruh di Jepara Geruduk Kantor Bupati

Mulai Desember 2022, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki purna tugas langsung mendapatkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) baru dengan perubahan status pekerjaan.

Kepala Disdukcapil Jepara Abdul Syukur mengatakan, selain menerima SK pensiun dan tabungan hari tua, pensiunan juga mendapatkan KK dan KTP baru dengan perubahan status.

’’Mulai hari ini, bagi PNS yang memasuki purnatugas langsung diberikan KK dan KTP baru dengan perubahan status. Dari yang semula PNS atau guru menjadi pensiunan,’’ kata dia.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Jepara, Wahyanto menambahkan, itu merupakan inovasi baru dari Disdukcapil yang diberikan kepada masyarakatnya.

Tidak hanya pada pensiunan, fasilitas pemberian KTP dan KK dengan perubahan status itu juga berlaku bagi CPNS yang diangkat menjadi PNS.

’’Pelayanan ini sudah terkoordinir antar OPD Jepara. Kemudian, apabila telah mendapat KTP baru, yang lama akan dimusnahkan sesuai dengan regulasi,’’ katanya.

Baca: Buruh Jepara Minta Pembahasan UMK 2023 Segera Dilakukan

Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta yang diwakilkan Plt Asisten I Sekda Jepara Akhmad Junaidi mengapresiasi program Disdukcapil, karena memudahkan pelayanan KTP.

’’Semoga ini dapat mempermudah Bapak dan Ibu semua sehingga tidak perlu repot-repot mengurus sendiri,” terang Junaidi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.