Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketua DPRD Kudus: Wartawan Punya Kewajiban Mengedukasi Masyarakat

Ketua DPRD Kudus, Masan. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Kudus – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus Masan menyebut jika jurnalis punya kewajiban dan peran penting untuk mengedukasi masyarakat. Terlebih di tengah membanjirnya informasi seiring perkembangan teknologi.

Ini dikatakannya dalam sosialisasi Undang-Undang  Pers dan Literasi Media yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kudus, di Hotel @Hom, Kamis (1/12/2022).

Masan mengatakan, Undang-Undang Pers perlu disosialisasikan ke masyarakat umum. Sehingga masyarakat bisa memahami tentang kerja jurnalistik.

Masan menilai wartawan memiliki fungsi mengedukasi masyarakat. Hal ini sering banyaknya informasi yang bertebaran. Di sinilah peran wartawan diperlukan agar informasi yang berseliweran itu tidak menyesatkan masyarakat.

Baca: PWI Kudus Sosialisasikan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik

Peran sosialisasi undang-undang pers juga dinilai bermanfaat agar wartawan memiliki produk jurnalistik yang baik. Sehingga tidak sekadar menulis dengan tujuan mencari-cari kesalahan pemerintah.

Masan menambahkan, semua pihak juga wajib memahami dan mengetahui hal apa saja yang diatur dalam dunia kewartawanan. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir menghadapi mereka karena bisa membedakan mana wartawan profesional dan tidak.

”Selain itu juga supaya tahu mana wartawan yang benar dan mana yang tidak benar,” sambungannya.

Tidak berhenti di situ, komunikasi yang baik antara media dengan pemerintah juga diperlukan. Sehingga dapat membangun iklim di Kabupaten Kudus menjadi baik. ”Ketika suatu daerah kondusif, maka investasi di Kudus semakin maju,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.