Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hujan Angin, Pohon Tumbang di Kudus Timpa Rumah Hingga Bengkel Las

Pembersihan salah satu pohon tumbang di Kudus (Murianews/BPBD)

Murianews, Kudus – Sejumlah pohon besar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tumbang diterpa hujan disertai angin yang terjadi di Kota Kretek, Selasa (29/11/2022) sore. Dua di antaranya bahkan mengenai bangunan rumah dan bengkel las di Desa Bacin dan Kaliputu.

Selain itu, pohon tumbang juga sempat memutus kabel telepon dan listrik. Serta mengganggu arus lalu lintas di sejumlah titik.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya, kerugian akibat kerusakan bangunan diperkirakan mencapai Rp 15 juta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Mundir mengatakan, mayoritas pohon yang tumbang berusia cukup tua. Sehingga ketika diterpa angin kencang, akarnya tidak kuat menopang batang pohon.

Ada juga yang hanya bagian ranting besarnya saja. ”Kami langsung menerjunkanp personel untuk pembersihan, memang tadi hujannya deras dan anginnya juga lumayan kencang,” ucapnya Selasa petang.

Untuk saat ini, tim BPBD Kudus telah berhasil melakukan pembersihan ranting pohon. Terlebih ranting-ranting yang tumbang di seputaran jalan raya.

”Masyarakat, TNI dan Polri tadi juga membantu jalannya pembersihan,” pungkasnya.

BPBD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiagakan sekitan 500-an relawan untuk bersiap menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi di akhir tahun 2022 ini.

Jumlah tersebut, kini tersebar di sembilan kecamatan di Kota Kretek dan siap sedia bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.