Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KPU Pati Verifikasi Faktual 1.236 Anggota dari Empat Parpol

KPU Pati Verifikasi Faktual 1236 Anggota dari Empat Parpol

KPU Pati melakukan verifikasi faktual perbaikan. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Pati, Jawa Tengah, melakukan verifikasi faktual perbaikan kepada 1.236 anggota dari empat partai politik (parpol). Pasalnya, keempat parpol belum memenuhi syarat keanggotaan.

Ribuan anggota ini merupakan sempel dari anggota empat parpol. Keempat parpol ini yakni, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Buruh.

’’Kita berkunjung ke sampel yang sudah ditentukan untuk dilakukan proses verifikasi faktual perbaikan administrasi keanggotaan. Jadi untuk di Kabupaten Pati ada empat parpol tersebut dilakukan setelah pada tahapan verifikasi sebelumnya dinyatakan belum memenuhi syarat keanggotaan,’’ ujar Ketua KPU Pati, Imbang Setiawan saat mengunjungi warga Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Selasa (29/11/22).

Baca: Kasus TBC di Pati Masih Tinggi

Adapun perincian dari jumlah itu, yakni sebanyak 316 anggota PKN yang bakal diverifikasi, Hanura 293 orang, Partai Garuda 316 orang dan Partai Buruh 311 anggota.

’’Kami mengerahkan lima tim verifikasi untuk tahapan ini dan disebar di setiap kecamatan untuk mempercepat proses verifikasi administrasi. Mereka datang langsung ke rumah para anggota parpol tersebut untuk mencermati data KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol,’’ kata Imbang.

Dalam rapat pleno di KPU Pati awal November 2022, empat parpol yang belum memenuhi syarat keanggotaan ini masih diberikan kesempatan melakukan perbaikan data keanggotaan yang dilaporkan melalui aplikasi Sipol.

’’Setelah perbaikan data keanggotaan, KPU RI kemudian mengirimkan jumlah sampel anggota parpol yang harus diverifikasi faktual ulang di tingkat daerah. Tahapan ini berlangsung mulai 27 November hingga 4 Desember 2022, seperti yang sedang kami laksanakan saat ini,’’ lanjut dia.

Dari hasil verifikasi akan diketahui apakah warga yang ada di dalam daftar sampel tersebut memenuhi syarat (MS), belum memenuhi syarat (BMS) dan tidak memenuhi syarat (TMS).

’’Jika nantinya belum memenuhi syarat, anggota yang hendak diverifikasi bisa difasilitasi parpol untuk dikumpulkan dalam satu tempat. Namun jika tidak bisa hadir maka verifikator dari KPU dapat menghubungi melalui layanan video call,’’ pungkasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.