Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah Menjaga Kabin Mobil Tetap Bersih Dan Nyaman

Ini Cara Mudah Menjaga Kabin Mobil Tetap Bersih Dan Nyaman

Foto: Ilustrasi bersihkan kabin mobil (autowelt_2014 dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Memperhatikan faktor kenyamanan penting dilakukan bagi pemilik mobil. Tidak hanya mesin, tetapi juga kenyamanan di dalam kendaraan atau kabin.

Misalnya, jangan sampai tercium bau tidak sedap saat berada dalam kendaraan. Meski terkesan remeh, bau yang tidak sedap dalam mobil akan menjadikan perjalanan terganggu.

Aroma tidak enak dapat terjadi karena beberapa sebab, salah satunya disebaban asap rokok. Merokok dalam mobil tidak baik, selain menyebabkan aroma tidak sedap karena interior mobil terkena bara rokok, juga berisiko terjadinya kebakaran.

Baca juga: Kenapa Ban Mobil Berwarna Hitam? Ini Jawabannya

Bara rokok yang menyentuh interior akan meninggalkan aroma asap rokok. Bau ini terkadang dapat menyebabkan sesak napas. Selain itu, terkadang juga tercium bau bensin di dalam mobil. Hal ini bisa bikin pusing bagi sebagian orang.

Merawat kabin mobil sebenarnya tidak sulit. Lakukan tips di bawah ini agar kabin mobil Anda tetap bersih dan nyaman untuk digunakan, dilansir dari laman Suzuki, Senin (28/11/2022).

Bersihkan Karpet

Karpet mobil adalah bagian yang langsung terkena alas kaki pengendara maupun penumpang. Mulai dari sisa-sisa tanah dan debu dari alas kaki, hingga remah-remah makanan yang dimakan saat perjalanan kerap mengotori karpet.

Saat membersihkan kabin mobil, mulailah dengan membersihkan bagian bawah pada mobil ini dengan melepaskan semua karpet. Cuci dengan air mengalir dan beri cairan pembersih.

Jika terdapat noda, sikat bagian karpet yang kotor tersebut kemudian jemur hingga kering. Sambil menunggu karpet kering, Anda bisa membersihkan bagian dasar kabin dengan penyedot debu atau dengan sikat.

Hilangkan Debu dari Dashboard

Dashboard merupakan bagian yang penting karena terdapat panel-panel indikator yang memuat informasi kondisi mesin, lubang ventilasi AC yang mengeluarkan hawa dingin, head unit untuk hiburan hingga kompartemen penyimpanan serbaguna ada di bagian ini.

Oleh sebab itu, jangan melewatkan untuk membersihkan dashboard sebab area ini biasanya mudah berdebu. Gunakan lap lembut berbahan microfiber agar tidak merusak permukaannya.

Anda bisa membasahi lap dengan air dan campuran pembersih khusus atau bisa juga gunakan cairan pembersih yang Anda taruh dalam botol semprot. Lap perlahan mulai dari bagian yang paling terlihat hingga ke sudut-sudut yang sulit terjangkau.

Gunakan alat kecil seperti kuas atau sikat berbulu halus untuk membersihkan sela-sela yang tak bisa dijangkau oleh lap Anda. Jika sudah, keringkan dengan lap baru agar sisa-sisa air tidak menyerap ke pori-pori permukaan dashboard dan menimbulkan noda.

Membersihkan Jok

Bagian jok mobil juga tak boleh dilewatkan untuk dibersihkan sebab bagian ini juga kerap terkena debu atau remah-remah makanan selama perjalanan. Pertama-tama bersihkan jok dari sisa-sisa kotoran terlebih dahulu, bisa dengan penyedot debu atau juga sikat lembut. Setelah itu gunakan cairan pembersih mobil dan air hangat, celupkan pada lap bersih untuk menggosok permukaan jok mobil.

Setelah itu, lanjut lap dengan kain kering. Jika jok Anda berbahan kulit, setelah kering poles permukaannya dengan cairan pelembab khusus kulit. Sebagai catatan, jangan lupa membuka pintu saat membersihkan jok agar jadi lebih cepat kering.

Jangan Lupakan Bagian Plafon

Bagian ini kerap kelewat untuk dibersihkan, padahal kebersihan plafon sangat membantu menambah kenyamanan kabin mobil. Plafon pada kabin mobil biasa terbuat dari kain atau beludru.

Keduanya memiliki cara yang berbeda jika ingin dibersihkan. Pada plafon kain, Anda bisa membersihkan dengan menggunakan lap microfiber yang telah dibasahi air dan cairan pembersih.

Sementara plafon beludru tidak bisa terkena kain yang terlalu basah, sebaiknya semprotkan cairan pembersih dan keringkan dengan lap lembut. Hindari menggosok dengan terlalu keras karena bagian ini mudah sobek, lap dengan gerakan searah secara perlahan dan keringkan.

Bersihkan Filter AC

Komponen evaporator atau filter AC yang kotor dapat menyebabkan bau tidak sedap di dalam kabin. Sebab itu jangan lupa untuk membersihkan filter AC agar udara dalam kabin mobil tetap bersih dan aman dihirup. Jika sesudah dibersihkan tapi filter masih tidak berfungsi normal, gantilah filter dengan yang baru.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: Suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.