Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

898 Warga Jepara Mendaftar PPK Pemilu 2024

898 Warga Jepara Mendaftar PPK Pemilu 2024

Anggota KPU Kabupaten Jepara memantau data pendaftaran PPK. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Sebanyak 898 warga Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, telah mendaftar sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024. Angka tersebut masih terus berubah jelang penutupan pendaftaran pada Selasa (29/11/2022).

’’Data (pendaftar, red) masih bersifat sangat dinamis,’’ kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Muhammadun, Senin (28/11/2022).

Dari 898 orang pendaftar, lanjut Muhammadun, yang sudah melengkapi berkas melalui Siakba sebanyak 284 orang. Sedangkan, yang sudah menyerahkan berkas hardcopy ke kantor KPU Jepara baru 134 orang.

Baca: KPU Jepara Sosialisasikan Alokasi Kursi dan Dapil ke Partai

Muhammadun mengatakan, KPU Kabupaten Jepara butuh lima orang untuk mengisi PPK di masing-masing kecamatan. Namun, jumlah pendaftar di masing-masing kecamatan diharapkan dua kali lebih banyak dari jumlah kebutuhan.

Untuk menjadi anggota PPK syaratnya, yaitu minimal berusia 17 tahun, setia kepada Pancasila dan UUD 1945, memiliki pribadi yang kuat fisik dan mental, jujur dan adil.

Kemudian, tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dalam surat sah atau sekurang-kurangnya dalam waktu lima tahun tidak lagi menjadi anggota parpol.

’’Calon pendaftar berdomisili di wilayah kerja PPK, PPS dan KPPS,’’ jelas Muhammadun.

Selain itu, lanjut dia, calon pendaftar juga tidak pernah dipidana penjara, bebas narkotika, juga berpendidikan paling rendah SMA sederajat.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.