Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KPU Jepara Sosialisasikan Alokasi Kursi dan Dapil ke Partai

KPU Jepara Sosialisasikan Alokasi Kursi dan Dapil ke Partai

KPU Kabupaten Jepara menyosialisasikan alokasi kursi dan dapil DPRD. (Murianews/KPU Jepara)

Murianews, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menyosialisasikan formasi daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi bagi DPRD Jepara ke partai politik (parpol).

Diketahui, KPU Jepara telah mengumumkan rancangan susunan dapil dan alokasi kursi DPRD untuk Pemilu 2024 itu di laman resmi milik KPU Jepara.

“Rancangan yang kami ajukan tidak ada perubahan dari yang sebelumnya,” jelas Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhri, Senin (28/11/2022).

Baca: Delapan Rekomendasi KUPI II di Jepara, Ini Daftar Lengkapnya

Di mana, dapil di Jepara tetap lima. Perinciannya, Dapil Jepara 1 yakni Kecamatan Jepara, Kedung, Tahunan dan Karimunjawa. Kemudian, Dapil Jepara 2 yakni Kecamatan Mlonggo, Pakisaji dan Bangsri.

Lalu, Dapil Jepara 3, yakni Kecamatan Keling, Donorojo dan Kembang. Berikutnya, Dapil Jepara 4, yakni Kecamatan Nalumsari, Mayong dan Welahan. Terakhir, Dapil Jepara 5, yakni Kecamatan Kalinyamatan, Pecangaan, dan Batealit.

Adapun jumlah kursi di DPRD Jepara yakni 50 kursi. Kemudian, jumlah kursi pada setiap dapilnya juga tetap sama dengan 2019, yakni Dapil Jepara 1 terdiri dari 12 kursi, Dapil Jepara 2 (10 kursi), Dapil Jepara 3 (8 kursi), Dapil Jepara 4 (10 kursi) dan Dapil Jepara 5 (10 kursi).

Itu sesuai dengan aturan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan PKPU Nomor 6 tahun 2022.

’’Kami perlu mengumumkan dan mensoalisasikan terlebih dahulu rancangan dapil yang kami susun. Ada ruang bagi publik untuk memberikan tanggapan atau masukan,’’ kata Subchan.

Baca: KUPI di Jepara: Kekerasan pada Perempuan Bertolakbelakang dengan Agama

Penyampaian rencana dapil itu diumumkan dari 23 sampai dengan 29 November 2022. Di waktu itu, KPU meminta tangapan dan masukan dari masyarakat, dari 23 November sampai 6 Desember 2022.

Saat kegiatan sosialisasi berlangsung, KPU Kabupaten Jepara membagikan formulir tanggapan dan masukan masyarakat. Pihaknya menambahkan, masukan dan tanggapan masyarakat bisa berasal dari perorangan maupun atas nama organisasi atau kelompok masyarakat.

Tanggapan itu disampaikan melalui tulisan dan dikirim ke KPU Jepara. Pengiriman tanggapan dan masukan ini bisa dikirim manual ke Kantor KPU Jepara, atau pesan elektronik melalui email KPU Jepara, yakni [email protected] atau melalui laman helpdesk.kpu.go.id/tanggapan.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.