Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tanggul Jebol di Kemloko Grobogan, Kades: Rencana Ditangani Hari Ini

Tanggul Jebol di Kemloko Grobogan Kades Rencana Ditangani Hari Ini

Penampakan tanggul Kali Jajar yang jebol di Desa Kemloko, Godong, Grobogan, Jawa Tengah. Hari ini, tanggul tersebut mulai diperbaiki. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Grobogan – Tanggul Sungai Jajar di Desa Kemloko, Godong, Grobogan, Jawa Tengah dilaporkan jebol, Sabtu (26/11/2022) malam lalu. Jebolan itu, mulai ditangani secara darurat, Senin (28/11/2022).

Kades Kemloko, Suyatin mengatakan, pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) telah mengecek kodisi tanggul, Minggu (27/11/2022) sore kemarin.

’’Rencananya, hari ini ditangani, pakai bambu dan sasak untuk tangggulnya,’’ kata dia.

Baca: Sejumlah Perwira Polisi Polres Grobogan Digeser

Namun demkian, dia belum bisa memperkirakan kapan perbaikan tanggul tersebut akan selesai. Dia hanya berharap perbaikannya bisa segera selesai.

Wakid, warga setempat berharap agar penanganan tanggul yang jebol itu bisa segera selesai. Sebab, tanaman padi milik warga sudah berusia lebih dari satu bulan.

Dia khawatir, apabila terjadi genangan di sawah akan membuat gagal panen.

’’Kami harapkan, agar perbaikan segera selesai, sehingga tidak jebol lagi,’’ kata dia.

Diketahui, tanggul Sungai Jajar di Desa Kemloko, Kecamatan Godong jebol sepanjang sekitar 10 meter dengan kedalaman hingga empat meter. Akibat tanggul jebol itu, 30 hektere sawah di sana sempat terendam. Namun demikian, pada Senin (28/11/2022) sudah surut.

Baca: Intensitas Hujan Tinggi, Empat Desa di Grobogan Banjir

Jebolnya tanggul sungai itu akibat meluapnya sungai dari tinggi intensitas hujan di wilayah selatan, yakni Juwangi (Boyolali) dan sekitarnya.

’’Wilayah selatan hujan deras, sehingga Sungai Jajar meluap dan mengakibatkan tanggul jebol,’’ paparnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.