Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Piala Dunia 2022

Iran Protes ke FIFA, Gegara Postingan AS

Iran Protes ke FIFA

Postingan US Soccer setelah diperbaiki diunggah di FB. Iran sempat protes karena bendera mereka dirubah. (facebook.com/officialussoccer/photos)

Murianews, Doha – Iran protes ke FIFA, gegara postingan AS. Mereka tidak menerimakan saat postingan tim AS muncul di media sosial, menjelang pertemuan kedua tim di penyisihan Grup B.

Tim Iran akan menghadapi AS di pertandingan kedua penyisihan Grup B, Rabu (30/11/2022) dinihari WIB. Namun pertemuan dua tim yang berseberangan dalam politik kenegaraannya ini, sudah terlibat dalam persaingan sengit di luar lapangan.

Federasi sepak bola Iran secara resmi telah menyampaikan protes, setelah AS menghilangkan symbol Allah pada bagian bendera mereka. Postingan ini telah diunggah kubu AS di media sosial, yang menimbulkan ketersinggungan Iran.

“Dalam tindakan tidak profesional, halaman Instagram federasi sepak bola AS menghapus simbol Allah dari bendera Iran. Federasi Sepak Bola Iran mengirim email ke FIFA untuk menuntut agar mengeluarkan peringatan serius kepada federasi AS,” demikian pernyataan yang muncul melalui kantor berita Iran, IRNA.

Kubu AS, seperti yang dilansir BBC Sport, sengaja menggunakan bendera tak resmi Iran dalam unggahan mereka. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi perempuan Iran yang tengah memperjuangkan hak asasi di negara itu.

BACA JUGA: Timnas Inggris Pesta Gol di Stadion Internasional Khalifa

Di Iran sendiri, gelombang protes memang tengah bergulir. Hal ini terjadi setelah adanya pertentangan terkait dengan aturan bagi wanita iran dalam kehidupan di negara tersebut.

Juru bicara Federasi Sepak Bola AS, disebutkan telah memberikan pernyataan atas keberatan Iran ini. Menurutnya, postingan itu telah dihapus dan diganti dengan yang menggunakan bendera Iran yang benar.

“Kami masih mendukung para wanita Iran,” demikian tulisan yang menyertai postingan baru yang dilakukan Federasi Sepak Bola AS di media sosial mereka.

Hubungan diplomatik AS dan Iran sudah lama memburuk. Mereka bahkan sudah tidak memilikinya sejak 1980.

Penulis: Budi Santoso
Editor: Budi Santoso
Sumber: BBC Sport

Ruangan komen telah ditutup.