Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banjir Bandang Terjang Empat Kecamatan di Pati

Banjir Bandang Terjang Empat Kecamatan di Pati

Banjir Bandang melewati Jalan Raya Prawoto- Sukolilo (Tangkapan Layar)

Murianews, Pati – Banjir bandang setidaknya menerjang empat kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Minggu (27/11/2022). Kecamatan itu yakni di Margoyoso, Trangkil, Sukolilo dan Jakenan.

Ini dikatakan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya. Banjir ini disebabkan intensitas hujan yang lebat di wilayah Kabupaten Pati.

’’Intensitas hujan tinggi pada pukul 16.00 WIB sore mengakibatkan banjir di beberapa titik,’’ tutur Martinus saat ditemui Murianews di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Senin (28/11/2022).

Baca: Dihantam Banjir Bandang, Rumah di Ngemplak Kidul Pati Rusak

Banjir bandang ini melanda puluhan rumah di beberapa desa. Di antaranya Desa Ngemplak Kidul (Margoyoso), Desa Mojoagung (Trangkil), Desa Wegil dan Prawoto (Sukolilo) serta Desa Glonggong dan Desa Sembaturagung (Jakenan).

’’Ini banjir bandang. Jadi saat intensitas hujan reda, banjir akan surut beberapa jam setelahnya,’’ kata dia.

Ia mengklaim tidak ada korban nyawa dalam peristiwa ini. Hanya ada kerugian materiil yang menurutnya tidak signifikan.

’’Menyebabkan satu rumah rusak yaitu milik Pak Sunardi warga Desa Ngemplak Kidul dan beberapa surat-surat penting, surat-surat kependudukan itu rusak,’’ ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, banjir bandang menerjang Kecamatan Sukolilo dan Desa Ngemplak Kidul, Kecamatan Margoyoso. Akibat banjir ini aktivitas warga sempat terganggu.

’’Langkah-langkah BPBD setelah kejadian tadi malam mengirim armada di Mojoagung, Trangkil. Pagi ini kami kirimkan armada untuk membersihkan lumpur di Ngemplak Kidul,’’ pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.