Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Survei SMRC, Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies

Survei SMRC Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)

Murianews, Jakarta – Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei elektabilitas tokoh publik yang digadang sebagai calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Sejumlah nama yang unggul dalam survei itu adalah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, ketiga publik figur ini masih mempunyai elektabilitas yang cenderung bersaing. Tetapi apabila ketiganya diadu, maka politikus PDI Perjuangan tersebut masih unggul dari Prabowo dan Anies.

”Ganjar cenderung unggul atas keduanya,” kata Deni, dikutip dari Tempo.co, Senin (28/11/2022).

Baca: Survei Indopol: Elektabilitas Ganjar Melesat di Atas Prabowo dan Puan

Dalam simulasi pemilihan semi terbuka dengan sejumlah nama, Ganjar Pranowo disebut mendapat dukungan 26,7 persen. Sementara posisi kedua diduduki oleh Prabowo Subianto yang memperoleh 18,8 persen. Sementara Anies mendapatkan dukungan 17 persen suara.

Survei itu dilakukan SMRC pada 5-13 November 2022.  Mereka menyatakan mewawancarai secara langsung 1.220 responden dengan margin of error kurang lebih 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam simulasi tertutup dengan empat nama, Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai calon presiden. Hasilnya, Ganjar Pranowo mendapat 33,5 persen suara, Prabowo Subianto 26,9 persen, dan Anies Baswedan 24 persen. Sementara Puan yang juga jadi dianggap sebagai kandidat kuat calon presiden dari PDIP hanya mendapat 3,4 persen dukungan.

Baca: Survei Poltracking, Elektabilitas Ganjar Melonjak

”Dalam simulasi, tiga nama yang dilakukan oleh SMRC Ganjar juga tetap unggul. Dia mendapatkan dukungan 33,5 persen sementara Prabowo meningkat menjadi 30 persen dan Anies Baswedan sebesar 25,1 persen,” imbuhnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Tempo.co

Ruangan komen telah ditutup.