Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pasar Rakyat Undaan, Bupati Kudus Akan Jadikan Tenun Glagahwaru Pakaian Dinas

Bupati Hartopo saat meninjau salah satu produk UMKM di Pasar Rakyat Undaan Kudus. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus — Pasar rakyat yang digelar secara bergilir di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diharapkan bisa mengenalkan dan mengangkat potensi produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah-wilayah. Salah satunya tenun glagahwaru.

Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi bisa terjadi secara menyeluruh di Kudus. Itu yang dikatakan Bupati Kudus Hartopo saat membuka pasar rakyat di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, Minggu (28/11/2022) malam di Lapangan Kalirejo, Undaan, Kudus.

Hartopo berujar, Pasar Rakyat akan digelar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus. Dengan tujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

”Momentum ini harus dimanfaatkan para pelaku UMKM setempat untuk mendongkrak produk unggulan di wilayahnya,” ucap Hartopo.

Dia pun menyempatkan diri meninjau stan pedagang untuk melihat berbagai produk unggulan UMKM. Tenun glagahwaru, produk UMKM Karang Taruna ‘Mekar Kusuma’ Desa Glagahwaru mampu menarik perhatian Hartopo.

Baca: Pasar Rakyat Kaliwungu Kudus Berdayakan UMKM Lokal

Hartopo lalu memuji kualitas kain tenun produksi desa tersebut. Dia memberi masukan agar produk tersebut dapat dikenal masyarakat luas sebagai ciri khas.

”Produk ini sangat menarik perhatian, kain tenun ini kualitasnya sangat bagus. Harus ada ciri khas motif yang menjadi identitas daerahnya,” ungkap Hartopo.

Motivasi dan dukungan juga diberikan untuk produsen kain tenun Glagahwaru atas inovasi yang diciptakannya.

”Akan saya dukung penuh produk ini, termasuk akan kami bantu promosikan baik melalui media sosial Pemkab Kudus maupun instruksi untuk para pegawai sebagai pakaian dinas di hari Rabu,” pungkasnya.

Gebyar Pasar Rakyat dan Karang Taruna Expo Kecamatan Undaan akan digelar selama tiga hari ke depan. Dengan menggandeng sebanyak 48 pelaku UMKM di seluruh Kecamatan Undaan.

”Pasar rakyat ini akan berlangsung mulai tanggal 27-30 November dengan dimeriahkan sebanyak 48 stan UMKM se-Kecamatan Undaan,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.