Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Doa yang Dibaca saat Jatuh Sakit

Ini Doa yang Dibaca saat Jatuh Sakit

Ilustrasi sakit (Mohamed Hassan dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi sakit meski tingkatannya berbeda-beda. Di mana, ada yang hanya sakit ringan saja, namun ada yang sakit parah hingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Ada banyak faktor yang menyebabkan orang jatuh sakit. Mulai dari pikiran, makanan, hingga perilaku hidup yang kurang sehat.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kondisi agar senantiasa sehat. Sebab, bagi semua orang, kesehatan adalah salah satu nikmat yang tidak ternilai harganya.

Baca juga: Ini Doa dari Rasulullah saat Membesuk Orang Sakit

Lantas bagaimana sikap kita jika sedang jatuh sakit?

Melansir NU Online Jatim, Sabtu (26/11/2022), sakit adalah sesuatu yang pasti hadir dan tidak bisa dihindari oleh siapapun. Rasa sakit merupakan hal yang lumrah dirasakan manusia pada bagian tubuh tertentu.

Kadangkala disebabkan capek, atau kondisi tubuh menurun. Meski demikian, manusia wajib untuk mengatasi rasa sakit dan penyakit yang diderita tersebut.

Menyembuhkan rasa sakit dengan berobat merupakan bagian dari ikhtiar. Bahkan Rasulullah mengajarkan beberapa doa yang dapat dibaca ketika merasakan sakit sambil memegang bagian tubuh sakit tersebut. Ini juga bisa dipraktekkan untuk diri sendiri. Berikut doanya:

Bismillah dibaca 3 kali, kemudian disusul membaca doa ini 7 kali :

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: ”Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.”

Doa ini bersumber dari Imam An-Nawawi yang mengutip secara lengkap hadits riwayat Imam Muslim sebagai berikut:

 وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ \ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: ”Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil ‘Ash, bahwa ia mengadu kepada Rasulullah  perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya, ‘Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillāh.’ Lalu bacalah tujuh kali, ‘A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113-114).

Sedangkan untuk mendoakan kesembuhan kolega, sahabat, handai taulan bisa menggunakan doa berikut yang dibaca Rasulullah SAW untuk keluarganya sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

 اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Artinya: ”Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri sakit.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: jatim.nu.or.id

Ruangan komen telah ditutup.