Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Muria Blues Festival Jadi Ajang Kolaborasi Musik dan Ekonomi Kreatif

Murianews, Kudus – Muria Blues Festival 2022 bakal digelar Minggu (27/11/2022) besok di Sidjicoffe, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Even ini didukung penuh Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus.

Terlebih, even yang digelar tersebut merupakan kolaborasi dari musik dan ekonomi kreatif di sektor pariwisata hingga kuliner.

Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah, sangat mendukung di selenggarakannya Muria Blues Festival 2022.

Menurutnya, kegiatan yang merupakan bentuk ekonomi kreatif masyarakat, khususnya dari sub-sektor musik yang harus mendapatkan dukungan dari pemerintah.

”Apalagi even ini tidak hanya melulu soal pagelaran musik, tapi melibatkan pegiat ekonomi kreatif di sektor pariwisata dan kuliner. Kreatifitas ini tentu bisa menjadi sarana menggelorakan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya, Sabtu (26/11/2022).

Baca: Besok Muria Blues Festival Digelar di Kudus

Even yang digelar ini, bukan seperti even musik biasanya. Melainkan, juga diisi dengan bincang budaya yang akan mengupas tentang Gunung Muria.

Sejarawan Edi Supratno akan mengupas tentang Muria dalam kajian sejarah Gunung Muria ”Muria Sebelum Muria”. Kemudian, Yit Prayitno penulis dan budayawan senior Kudus ini akan mengisi dengan monolog ”Mukiya Wuta Muria” dalam bahasa ”Kudusan” dengan alunan gitar blues.

Meski bertajuk musik blues festival, namun ada sembilan band dari sejumlah genre yang akan menampilkan penampilan terbaiknya. Seperti genre jazz, reggae, hingga rock.

Sementara, salah satu panitia yang juga Founder Kudus Blues Familiy, Kristo, mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah turut mendukung even kali ini. Pihaknya berharap masyarakat Kudus bisa datang dan menikmati gelaran Muria Blues Festival ini.

”Silahkan masyarakat pecinta musik datang untuk menikmati gelaran musik blues, gratis tidak dipungut tiket masuk, namun tetap harus menjaga ketertiban,” pesannya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.