Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Lima Oleh-Oleh Khas Kudus yang Wajib Dicoba saat Piknik di Kota Kretek

Pedagang menata produk madu mongso di tokonya. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Kudus – Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memiliki beragam oleh-oleh khas Kudus yang menarik untuk dicoba. Berwisata di Kota Kretek ini tak akan lengkap jika pulang tanpa membawa buah tangan khas dari Kudus.

Berikut adalah lima oleh-oleh khas Kudus yang sangat sayang dilewatkan.

 

1. Jenang Kudus

Jenang Kudus merupakan makanan tradisional asal Kota Kretek. Jenang merupakan makanan sejenis dodol. Teksturnya lengket dan kenyal serta memiliki rasa manis.

Di Kabupaten Kudus berbagai outlet maupun pasar menyediakan jenang. Di antaranya di Museum Jenang Kudus, toko Jenang Karomah Kudus di Jalan Sosrokartono, dan beberapa tempat lain seperti di pasar tradisional maupun di pedagang kaki lima di Kawasan Terminal Wisata Bakalan Krapyak Kudus.

Salah satu pekerja tengah melayani pembeli di Outlet Jenang Menara Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

 

2. Parijoto

Parijoto merupakan buah bewarna merah dan mirip seperti anggur. Rasa dari buah ini asam dan juga manis. Buah ini merupakan khas Muria.

Produk dari parijoto ini kini juga sudah diolah menjadi berbagai macam. Salah satunya adalah sirop parijoto yang kini mulai dikenal.

Wisatawan yang tertarik dapat membeli buah Parijoto di beberapa tempat di Kota Kretek. Salah satunya di kawasan Terminal Colo.

Penjual parijoto di Colo Kudus menjajakan dagangannya. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

 

 

3. Kerupuk Rambak

Selanjutnya, ada oleh-oleh berupa kerupuk rambak. Kerupuk rambak merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau.

Kerupuk rambak ini memiliki rasa yang gurih. Biasanya kerupuk rambak digunakan sebagai camilan untuk makan nasi. Selain itu juga pelengkap soto khas Kudus.

Beberapa tempat di Kota Kretek menjual kerupuk rambak ini. Salah satunya di pasar tradisional seperti di Pasar Kliwon. Selain itu juga dapat ditemukan di kawasan Terminal Wisata Bakalan Krapyak.

Kerupuk rambak

 

 

4. Keciput

Kemudian ada oleh-oleh keciput. Yakni makanan yang seperti onde-onde. Ukuran keciput tergolong kecil. Keciput terbuat dari bahan dasar beras ketan. Rasa dari keciput yakni manis dan gurih.

Kue keciput khas Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

 

 

 

5. Madu Mongso

Madu mongso memiliki tekstrur yang kenyal dan manis. Makanan ini hampir mirip dengan jenang.

Sejumlah toko yang menjual jenang di Kudus biasanya juga menyediakan madu mongso.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Mutrikah menjelaskan kelima oleh-oleh tersebut masih diminati para wisatawan. Bahkan tidak sulit untuk ditemui di beberapa toko di Kota Kretek.

”Kudus sebenarnya masih punya oleh-oleh lain yang juga diminati. Ada jeruk pamelo, getuk nyimut dan kopi muria,” katanya, Jumat (25/11/2022).

Mutrikah melanjutkan, beberapa daerah meminati produk oleh-oleh asal Kudus tersebut. Dirinya berharap oleh-oleh asal Kudus semakin diminati.

”Saya yakin oleh-oleh asal Kudus dapat terus diminati. Apalagi saat ini bukan hanya peziarah saja yang beli. Tetapi juga dari wisatawan yang menggunakan mobil pribadi,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.