Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

36 Calon Kades Bakal Bertarung di Pilkades Sukoharjo, 10 di Antaranya Petahana

Ilustrasi Pilkades. (Murianews)

Murianews, Sukoharjo – Sebanyak 36 calon kepala desa (kades) bakal bertarung dalam Pilkades Serentak Sukoharjo. Dari jumlah tersebut, 10 di antaranya merupakan petahana.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan, Pilkades Serentak tahun ini akan digelar di 13 desa. Saat ini, tahapan pilkades sudah memasuki tahap penetapan calon.

”Besok Jumat (25/11/2022) kami sampaikan (nama-nama bakal calon kepala desa) pas deklarasi damai di Pendapa Graha Satya Praja, Sukoharjo. Ada 36 bakal calon kepala desa yang mendaftar dan lolos penelitian berkas,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Kamis (24/11/2022).

Dia menjelaskan, penelitian berkas pendaftaran bakal calon kepala desa sudah selesai pada Senin (21/11/2022) malam. Semua berkas dinyatakan lengkap, tidak ada bakal calon yang mengundurkan diri.

Sigit menambahkan, di 13 desa tersebut ada total 44.338 daftar pemilih tetap (DPT) dengan jumlah 105 tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah TPS di masing-masing desa berbeda antara desa yang satu dengan lainnya, tergantung jumlah DPT.

Desa Gumpang, Kartasura menjadi pemilik DPT terbanyak dengan jumlah total 7.446 pemilih yang terbagi dalam 17 TPS. Sementara jumlah pemilih paling sedikit berada di Desa Puhgogor, Bendosar dengan jumlah pemilih sebanyak 2.008 dengan total 5 TPS.

Sementara itu jumlah bakal calon terbanyak berada di Desa Manisharjo, Bendosari, dan Pabelan Kartasura dengan masing-masing lima bakal calon. Sementara di desa lain hanya sebanyak 2-3 bakal calon.

Sigit mengatakan Jumlah TPS berpengaruh dengan anggaran yang dikeluarkan desa untuk penyelenggaraan pilkades. Rata-rata per desa menghabiskan anggatan Rp 50 juta-Rp 80 juta.

”Dalam 1 TPS maksimal 500 DPT, jadi TPS masing-masing desa berbeda. Bantuan dari APBD Kabupaten Sukoharjo Rp 30 juta per desa. Kemudian, APBDDes juga menganggarkan sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.