Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Peternak Kambing di Kudus Diajari Bikin Pakan yang Ideal

Pelatihan pembuatan pakan ternak kambing. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggelar sosialisasi kepada puluhan peternak kambing. Mereka diajari bagaimana cara membuat pakan ternak yang yang baik dan ideal.

Ada 50 peternak kambing dari beberapa desa di Kecamatan Dawe yang ikut pelatihan ini. Dengan pembuatan pakan yang baik, maka akan dihasilkan ternak yang berkualitas.

”Karena 70 persen biaya kan di pakan. Kalau pakannya dapat tersedia dengan baik, populasi dan produktivitas kambing menjadi lebih baik,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Didik Tri Prasetyo, Kamis (24/11/2022).

Saat ini kebanyakan peternak mengandalkan rumput liar sebagai pakan. Namun pakan ini dianggap masih belum ideal.

”Selama ini mereka mengandalkan rumput liar yang tidak diketahui berapa kandungan karbohidrat, protein dan vitaminnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Kabupaten Kudus, Agus Setiawan mengatakan ada empat kombinasi pakan agar memiliki kandungan yang baik.

”Harus mengandung rerumputan, bahan tanaman legum, dan dua jenis rambanan,” katanya.

Pakan juga harus mengandung serat, protein, dan karbohidrat. Sehingga kambing dapat berkembang biak dengan baik.

”Harapan kami populasi kambing meningkat dan kesejahteraan peternak meningkat,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.