Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Suka Begadang Tiap Malam Nonton Piala Dunia? Ini Tips Biar Tetap Sehat untuk Bolamania

Suka Begadang Tiap Malam Nonton Piala Dunia? Ini Tips Biar Tetap Sehat untuk Bolamania
Foto: Ilustrasi nonton piala dunia (Luis Wilker WilkerNet dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Even Piala Dunia 2022 di Qatar sudah dimulai sejak beberapa hari lalu. Bagi bolamania sudah pasti akan begadang tiap malam untuk menyaksikan pertandingan tim kesayangan.

Nonton sepak bola boleh-boleh saja. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

Pasalnya, jalannya pertandingan terkadang bisa berlangsung hingga larut malam. Nah, begadang tiap malam ini juga berpotensi bikin gangguan kesehatan jika tidak diantisipasi dengan baik.

Baca juga: Tak Hanya Enak, Ini Manfaat Makan Kangkung untuk Kecantikan dan Kesehatan

Lantas bagaimana cara menjaga agar tetap sehat meski begadang nonton bola?

Melansir dari Halodoc, Kamis (24/11/2022), beberapa jadwal negara yang akan bertanding dalam laga Piala Dunia 2022 bisa kamu nikmati secara langsung melalui televisi. Beberapa pertandingan akan mulai pukul 17.00 WIB. Akan tetapi, tidak jarang permainan sepak bola baru dimulai pada pukul 20.00 WIB, 23.00 WIB, hingga 02.00 dini hari.

Kondisi ini membuat masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan berisiko mengalami kurang tidur. Terganggunya waktu istirahat atau tidur dapat menyebabkan dampak pada kesehatan, seperti terganggunya fokus, kurang konsentrasi, rasa kantuk yang berlebih pada siang hari, menurunnya produktivitas, hingga gangguan pada fisik dan mental.

Untuk itu, sebaiknya ketahui berbagai tips sehat yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan kesehatan selama menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang bisa terjadi.

Berikut ini beberapa tips sehat yang bisa kamu lakukan:

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi. Makanan yang bernutrisi membuat kebutuhan nutrisi dalam tubuh terpenuhi dengan baik sehingga imun tubuh dapat berfungsi secara optimal. Dengan begitu, tubuh akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai virus maupun bakteri yang bisa menyebabkan infeksi dalam tubuh.

Siapkan Camilan Sehat

Saat menyaksikan pertandingan Piala Dunia, kamu bisa menyiapkan berbagai camilan sehat. Berikut ini beberapa camilan sehat yang bisa membuat tidur kamu semakin berkualitas. Antara lain, pisang, kiwi, goji beri, sereal, yogurt, dan edamame.

Perhatikan Minuman yang Dikonsumsi

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya agar terhindar dari kondisi dehidrasi. Sebaiknya perbanyak asupan air putih pada siang hari. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai jenis buah yang memiliki kandungan air tinggi untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan.

Saat malam pertandingan, sebaiknya perhatikan minuman yang kamu konsumsi. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol, kafein, atau soda. Minuman tersebut akan membuat kamu kesulitan untuk beristirahat setelah pertandingan sepak bola selesai.

Lakukan Peregangan

Ketika menikmati pertandingan, sebaiknya lakukan peregangan tubuh untuk membuat tubuh menjadi lebih fleksibel dan tidak kaku. Kamu juga bisa melakukan olahraga secara rutin pada pagi atau siang hari agar kondisi kesehatan tubuh tetap optimal.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Sebaiknya hindari kebiasaan merokok. Kebiasaan ini dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga kamu akan rentan mengalami berbagai keluhan maupun gangguan kesehatan.

Apalagi jika kamu mengalami kurang tidur akibat menyaksikan pertandingan piala dunia, hal ini berisiko menyebabkan daya tahan tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, menghentikan kebiasaan ini juga bisa membuat kesehatan paru-paru dan jantung menjadi lebih baik.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.