Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jabar

56 Korban Gempa Cianjur Antre Operasi di RS Hasan Sadikin Bandung

56 Korban Gempa Cianjur Antre Operasi di RS Hasan Sadikin Bandung
Para korban gempa Cianjur saat dievaluasi (Detik.com)

Murianews, Bandung – Sebanyak 56 korban gempa Kabupaten Cianjur yang dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) kini masih menunggu menjalani operasi.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar Nina Susana Dewi mengatakan, pasien yang datang ke RS Hasan Sadinin semula ada 84 korban. Namun, sebagian di antara mereka sudah mendapatkan penanganan medis, sehingga kini tinggal 56 yang antre untuk mendapatkan tindakan operasi.

Nina menegaskan semua biaya perawatan korban gempa Cianjur ditanggung seluruhnya oleh Pemprov Jabar. Selain itu, pihaknya sudah menugaskan rumah sakit di wilayah lain untuk menerima rujukan pasien yang terkena dampak gempa tersebut.

Baca: Ganjar Kirim Logistik dan Relawan Bantu Korban Gempa Cianjur

”Biayanya akan ditanggung oleh Pemprov Jabar. Jadi nanti, bila kesiapan di Cianjur terbatas, beberapa pasien akan kita kirim ke rumah-rumah sakit yang bisa melakukan operasi-operasi,” katanya.

Pemprov Jabar sendiri telah menyiapkan anggaran Rp 20 miliar untuk penanganan gempa Cianjur. Dana yang bersumber dari anggaran bantuan tidak terduga (BTT) APBD Jabar ini disiapkan selama masa tanggap darurat.

”BTT Rp 20 miliar sudah kita siapkan untuk kebutuhan tanggap darurat,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Ruangan komen telah ditutup.