Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pelamar Lowongan PPPK Nakes di Kudus Ratusan Orang

Ilustrasi (Freepik)

Murianews, Kudus –  Jumlah pelamar lowongan pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (PPPK) tenaga kesehatan (Nakes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, hingga Kamis (24/11/2022) hari ini telah mencapai 317 orang.

Sementara jumlah lowongan PPPK nakes yang tersedia hanya sebanyak 88 lowongan saja. Dengan rincian di antaranya 12 profesi dokter, 13 bidan, dan 18 perawat.

Sementara sisanya tenaga kesehatan lain, seperti nutrisionis, sanitarian hingga terapis gigi dan mulut.

Kepala Bidang Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Hendro Muswinda mengungkapkan, untuk tahapan selanjutnya, ratusan pelamar PPPK nakes tersebut akan mulai diseleksi administrasinya.

”Memang ada sejumlah syarat-syarat khusus, terutama terkait pengalaman kerja hingga nama mereka sudah masuk data Kementerian Kesehatan,” ucapnya Kamis (24/11/2022).

Baca: Pemkab Kudus Buka 88 Lowongan PPPK untuk Nakes, Cek Daftarnya

Ketika sudah lolos tahapan seleksi administrasi, mereka kemudian akan melaksanakan tes kompetensi PPPK nakes. Di mana sesuai rencana awal, tes akan dilaksanakan di Politeknik Kementerian Kesehatan Semarang atau Kantor Cabang Badan Kepegawaian Semarang.

”Nanti tergantung mereka memilih yang di mana,” ungkapnya.

Selain membuka 88 lowongan PPPK nakes, Pemkab Kudus juga turut membuka 15 lowongan tenaga teknis. Hanya, terkait petunjuk pelaksanaan, Pemkab masih menunggu arahan dari pusat.

”Tahun ini memang cukup berbeda, terpisah-pisah, sepertinya yang kesehatan juga di-handle Kementerian Kesehatan langsung,” tandasnya.

Baca: Kudus Buka 411 Formasi Guru PPPK, Prioritas untuk Golongan Ini

Pemerintah Kabupaten Kudus sendiri, pada tahun 2022 ini juga membuka lowongan guru PPPK sebanyak 411 formasi. Hanya, lowongan tersebut diprioritaskan diisi oleh sejumlah golongan.

Adapun golongan-golongan tersebut berasal dari pelamar PPPK prioritas pertama. Yakni eks tenaga honorer K II, guru non ASN, lulusan PPG, serta guru swasta.

Mereka semua telah mengikuti seleksi PPPK jabatan guru tingkat Sekolah Dasar (SD) ataupun sekolah Menengah Pertama (SMP) di tahun 2021 kemarin dan dinyatakan lolos passing grade. Sementara total alokasi lowongan PPPK pada 2022 ini adalah sebanyak 514 formasi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.