Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Berlanjut, Suntik Mati TV Analog di Bandung, Semarang, Yogyakarta Hingga Surabaya

Berlanjut, Suntik Mati TV Analog di Bandung, Semarang, Yogyakarta Hingga Surabaya
Johnny G Plate (Detik.com)

Murianews, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melanjutkan program suntik mati TV analog. Kali ini, daerah yang menjadi sasaran selanjutnya adalah di Bandung, Yogyakarta, Semarang hingga Surabaya.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, kebijakan untuk suntik mati TV analog sebenarnya sudah mulai dilakukan pada 2 November lalu. Namun, saat ini hanya menyasar 132 wilayah siaran atau 230 kabupaten/kota, termasuk area Jabodetabek.

Artinya, Kominfo dan penyelenggara multipleksing (mux) masih ada pekerjaan rumah 93 wilayah siaran atau 284 kabupaten/kota dari total 225 wilayah siaran di Indonesia.

Baca: Suntik Mati TV Analog 222 Kabupaten/Kota, Ini Daftarnya

”Pelaksanaan ASO berikutnya di 93 wilayah layanan atau kabupaten/kota akan dilakukan sesuai dengan kesiapan teknis dan untuk menjaga kepemirsaan masing-masing lembaga penyiaran,” ujar Johnny saat rapat dengan Komisi I DPR, Jakarta, dikutip dari Detik.com, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut lagi, kata Menkominfo, ada sejumlah kota-kota besar yang akan dilakukan migrasi TV analog ke digital, di antaranya Jawa Barat-1 yang meliputi Kota Bandung dan sekitarnya, Jawa Tengah-1 meliputi Kota Semarang dan sekitarnya, Jawa Timur-1 meliputi Kota Surabaya dan sekitarnya, Kepulauan Riau-1 meliputi Kota Batam dan sekitarnya.

”Nah, selanjutnya tambah kurang wilayah-wilayah ini tentu nanti diskusikan bersama, baik dukungan Komisi I DPR RI maupun bersama lembaga penyiaran,” ungkap Menkominfo.

Baca: Hari Ini, Siaran TV Analog di 222 Kota “Disuntik Mati”

Johnny juga menambahkan untuk wilayah-wilayah siaran yang belum diterapkan ASO akan terus berkoordinasi dan melakukannya dengan pihak terkait.

”Sehingga ASO di wilayah tersisa bisa dilakukan dengan cepat dan baik,” pungkasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Ruangan komen telah ditutup.