Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemilih Pemula Jepara Diajak Aktif Awasi Pemilu

Pemilih Pemula Jepara Diajak Aktif Awasi Pemilu
Para pelajar SMA di Jepara mengikuti diskusi soal pengawasan Pemilu. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Pemilih pemula di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah diajak ikut akfif mengawasi Pemilu. Sebab, mereka menjadi mayoritas pemilik suara pada Pemilu 2024 di Kabupaten Jepara.

Berdasarkan data rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Agustus 2022, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, total pemilih di Jepara sebanyak 845.734 jiwa.

Dari jumlah itu, sebanyak 420.591 laki-laki dan 425.143 perempuan. Di antara mereka, sebanyak 34.940 orang merupakan pemilih pemula.

Baca: Sejumlah Panwascam di Jepara Belum Bisa Bekerja Optimal, Ini Sebabnya

Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko menyebut, sejumlah pihak menilai partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2024 sangat penting. Mereka pun harus disiapkan sebelum mendekati Pemilu 2024. Terutama soal wawasan pengawasan Pemilu.

’’Sesegera mungkin kita harus memberi edukasi pengawasan. Karena Pemilu nanti bisa jadi kali pertama bagi mereka,’’ kata Sujiantoko, Selasa (22/11/2022).

Baca: Pendaftaran PPK Pemilu 2024 di Jepara Segera Dibuka

Sujiantoko menilai, pemilih pemula bisa berperan dalam mengawasi Pemilu lewat media sosial (Medos). Mereka juga bisa berpartisipasi dengan membuat narasi positif untuk mengajak masyarakat ikut mengawasi Pemilu.

’’Mereka bisa lakukan banyak hal. Di medos mereka bisa bikin meme atau postingan-postingan positif. Dan saya yakin mereka bisa lebih cerdas dalam mengawasi Pemilu. Tentu dengan caranya sendiri,’’ tutur Sujiantoko.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.