Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sejumlah Panwascam di Jepara Belum Bisa Bekerja Optimal, Ini Sebabnya

Sejumlah Panwascam di Jepara Belum Bisa Bekerja Optimal, Ini Sebabnya
Panwascam Jepara sedang beraktivitas di kantornya. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Sejumlah Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, masih belum bisa bekerja dengan optimal. Pasalnya, sampai saat ini kantor sekretariatnya belum sepenuhnya siap beroperasi.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jepara Sujiantoko, mengatakan sebagian besar Panwascam bisa berkantor di Kantor Kecamatan masing-masing. Namun, sebagian lainnya tidak bisa.

’’Ada beberapa yang harus menyewa rumah atau ruangan khusus,’’ kata Sujiantoko, Selasa (22/11/2022).

Baca: Jadwal Pemadaman Listrik di Jepara Hari Ini

Sujiantoko menyebut, Panwascam yang menyewa rumah yaitu di Kecamatan Kedung, Jepara dan Tahunan. Menurutnya, mereka terpaksa menyewa rumah lantaran pihak kecamatan tidak bisa memfasilitasi ruangan yang representatif.

Kendati belum memiliki kantor yang representatif dan optimal, lanjut dia, Panwascam tetap langsung menjalankan tugas dan kewajibannya. Sementara ini, Panwascam bertugas mengawasi proses verifikasi partai politik yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

’’Kalau kerja tetap langsung bekerja. Langsung mengawasi proses tahapan yang dilakukan teman-teman KPU,’’ tegas Sujiantoko.

Baca: Diduga Terlibat Khilafatul Muslimin, ASN di Jepara Ditangkap

Sujiantoko menyatakan proses penyiapan kantor sekretariat di semua kecamatan ditarget rampung akhir bulan ini. Dengan begitu, pada bulan berikutnya bisa langsung dioptimalkan oleh Panwascam.

’’Akhir bulan ini selesai semua. Ada beberapa yang masih menyiapkan ruangan,’’ kata dia.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.