Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Update Korban Gempa Cianjur: 62 Orang Meninggal, 25 Tertimbun Reruntuhan

Update Korban Gempa Cianjur: 62 Orang Meninggal, 25 Tertimbun Reruntuhan
Para Korban gempa berada di Depan RSUD Cianjur (Kompas.com)

Murianews, Cianjur – Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga pukul 19.34 WIB ada sebanyak 62 orang yang meninggal dunia akibat gempa dengan mangnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur.

Dari data tersebut, sebagian besar warga yang meninggal berada di Desa Rancagoon Kecamatan Cilau, Desa Limbagansari di Kecamatan Cianjur, dan Kecamatan Cugenang.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, selain 62 orang yang dilaporkan meninggal, ada 25 orang yang masih tertimbun material reruntuhan bangunan.

”25 orang tercatat masih tertimbun runtuhan bangunan di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang. 79 orang lainnya luka-luka,” terangnya, dikutip dari Kompas.com, Senin (21/11/2022).

Baca: Update Korban Gempa Cianjur: 46 Meninggal, 700 Luka-luka

Dia juga membeberkan jumlah warga yang mengungsi, yakni ada sebanyak 5.389 orang yang tersebar di beberapa titik.

Kemudian untuk kerusakan infrastruktur, di Kabupaten Cianjur tercatat sebanyak 2.272 rumah rusak, 1 unit pondok pesantren rusak berat, 1 RSUD Cianjur rusak ringan, 4 unit gedung pemerintah rusak, 3 unit sarana pendidikan rusak, 1 unit sarana ibadah rusak.

Selain di Kabupaten Cianjur, kerusakan infrastruktur juga tercatat di Kabupaten Bogor 46 rumah rusak, Kabupaten Sukabumi 443 rumah rusak, dan di Kota Sukabumi 14 rumah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat masih terus melakukan pendataan terkait jumlah korban jiwa dan kerusakan infrastruktur.

Baca: BMKG Imbau Potensi Gempa Susulan di Cianjur

Sementara untuk kebutuhan mendesak di lapangan yaitu 20 unit tenda, alat berat untuk evakuasi, 10 unit penerangan, 100 unit velbed, dan bahan bakar minyak.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.