Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pangkalan Truk Sementara di Pati Mulai Disiapkan

Pangkalan Truk Sementara di Pati Mulai Disiapkan

Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro meninjau pangkalan truk sementara. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Pangkalan truk sementara di Kecamatan Margorejo mulai disiapkan. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati segera melakukan perataan dan pemadatan lahan di sana agar bisa digunakan.

Lokasi pangkalan truk itu terletak di sisi utara Jalan Pati-Kudus. Tepatnya di depan Pasar Hewan Margorejo. Jika sudah siap, sopir truk asal Pati tak lagi memarkirkan kendaraannya di Kudus.

Proses persiapan lahan itu ditinjau langsung Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. Menurut Henggar, lahan bekas garasi Bus Budi Jaya itu cukup strategis.

’’Karena mereka (para sopir, red) selama ini lintasannya ke luar Jawa Tengah juga. Saat hendak pulang ke Pati, biasanya mereka terpaksa memarkirkan kendaraan di Kudus atau tempat lain yang sudah ada pangkalan truknya. Lalu mereka pulang ke Pati meninggalkan kendaraannya. Padahal di satu sisi juga ada risiko terkait keamanan muatan,’’ kata Henggar.

Baca: Pangkalan Truk Pati Diperkirakan Terealisasi Usai Pemilu 2024

Henggar menjelaskan, pangkalan truk itu nantinya dikelola Paguyuban Sopir Pati (PSP) bersama pihak Budi Jaya. Pemkab pun hanya berperan memfasilitasi saja.

’’Yang jaga di sini dari kalangan mereka sendiri. Pokoknya kami tidak ikut-ikut. Yang penting kami coba fasilitasi. Mudah-mudahan bisa digunakan secara maksimal,’’ tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pati Teguh Widyatmoko mengatakan pangkalan truk sementara itu dibenahi terlebih dahulu agar segera bisa digunakan.

Baca: Pangkalan Truk Tak Kunjung Dibangun, Sopir di Pati Kecewa

’’Dari Kepala DPUTR (Plt Kepala DPUTR Pati Riyoso, red) sudah menyanggupi untuk merapikan tanah yang masih bergelombang. Tidak lama lagi bisa digunakan,’’ kata Teguh.

Dia menambahkan, pangakalan truk ini seluas 1,5 hektare. Sehingga diperkirakan bisa menampung 100 lebih kendaraan besar.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.