Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Manfaat Masker Yoghurt untuk Kecantikan Wajah

Ketahui, Ini Manfaat Masker Yoghurt untuk Kecantikan Wajah
Ilustrasi memakai masker wajah (freepik.com)

Murianews, Kudus – Ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan wajah cantik. Salah satunya adalah menggunakan masker wajah.

Produk masker wajah ini juga cukup banyak macamnya. Ada yang produk pabrikan, serta dibuat dari bahan alami atau herbal.

Tak hanya itu, akhir-akhir ini, ada satu bahan lainnya yang digunakan untuk masker wajah. Yakni, memanfaatkan yoghurt atau produk susu yang dibuat dari proses fermentasi.

Baca juga: Ini Tips Bikin Masker Wajah Sendiri di Rumah dari Bahan Alami, Coba Saja daripada Beli

Melansir dari Halodoc, Senin (21/11/2022), masker yoghurt bisa dijadikan perawatan kulit, karena probiotik yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan kulit. Khususnya ketika digunakan secara topikal

Berikut ini beberapa manfaat masker yoghurt yang sayang untuk dilewatkan:

1. Menjaga kelembaban kulit wajah

Tekstur krim yoghurt dianggap dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit. Hal tersebut karena terdapat kandungan lactic acid di dalamnya yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati.

2. Mencerahkan kulit

Studi pada National Health Institute menunjukkan bahwa masker yoghurt berpotensi mencerahkan kulit. Hal tersebut berkat kandungan zinc yang bermanfaat untuk memudarkan noda hitam atau gelap.

3. Meratakan warna kulit

Bagi pemilik bekas jerawat, bintik-bintik penuaan, atau bintik-bintik akibat paparan sinar matahari, maka dapat diatasi dengan masker yoghurt. Sebab salah satu manfaat masker yoghurt yaitu membantu meratakan warna kulit.

4. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Selain membantu mengatasi bintik-bintik penuaan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, penelitian juga menunjukkan bahwa masker yoghurt juga dapat meminimalkan efek sinar ultraviolet (UV).

Diperkirakan bahwa yoghurt dapat membantu menciptakan penghalang radikal bebas terhadap kulit. Pada akhirnya hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi risiko bintik-bintik penuaan dan kerutan akibat sinar matahari.

5. Meningkatkan elastisitas kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami kehilangan kolagen, sejenis protein yang meningkatkan elastisitas. Penelitian juga menunjukkan bahwa masker yoghurt dapat mendukung peningkatan elastisitas kulit.

6. Mengatasi dan mencegah jerawat

Probiotik pada yoghurt dianggap dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Menurut penelitian, probiotik juga dapat mengurangi peradangan secara keseluruhan, termasuk meredakan jerawat dan mencegahnya muncul lagi.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.