Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Nyalakan Obor Pospenas di Mrapen Grobogan, Ini Pesan Gus Yasin

Nyalakan Obor Pospenas di Mrapen Grobogan, Ini Pesan Gus Yasin
Gus Yasin membawa obor dalam seremonial pengambilan api Pospenas di Api Abadi Mrapen, Godong, Grobogan, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

Murianews, Grobogan – Obor pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX 2022 disulut menggunakan Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Senin (21/11/2022).

Pengambilan api dilakukan atlet pencak silat asal Ponpes Al Hidayah Karangrayung, Grobogan, Rifki Adrian. Kemudian, obor diserahkan ke Bupati Grobogan Sri Sumarni untuk diteruskan ke Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin.

Dari Taj Yasin, obor kemudian diserahkan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama RI, Waryono Abdul Ghofur. Obor kemudian diserahkan para santri untuk diarak menuju Solo, tempat penyelenggaraan Pospenas IX 2022.

Baca: Pesilat Pati Sabet Medali Emas di Pospenas

Gus Yasin, sapaan Wagub Taj Yasin menyebut, gelaran Pospenas di Solo tak sekadar lomba. Menurutnya, agenda itu bagian dari merawat warisan para pendahulu, seperti Walisanga.

’’Perlu diingat bahwa Pospenas turunan dari metode dakwah pendahulu, seperti Walisanga dan para kiai. Mereka dakwah menyebarkan agama melalui kesenian dan kebudayaan sehingga hal itu harus dijunjung betul,’’ ujarnya.

Sebagai tuan rumah, Gus Yasin meminta santri Jawa Tengah di Pospenas mampu menjamu tamunya dengan baik dan berprestasi. Tentunya, lanjut Yasin, dengan tetap menjaga sportivitas.

’’Harapannya santri dengan pemerintah bisa sinergi, dengan ulama-umara sehingga negara aman dan menyejahterakan masyarakat,’’ kata dia.

Baca: Peraih Emas Peparprov 2018 Bawa Obor Pembukaan ASEAN Para Games dari Api Mrapen Grobogan

Pospenas sendiri digelar di Solo, 23-27 November 2022. Seluruh provinsi di Indonesia mengirimkan wakilnya untuk mengikutinya. Total ada 2.876 santri yang ikut dalam Porpenas IX ini.

Olahraga dan kesenian yang digelar yakni atletik, pencak silat, senam santri, senam SKJ. Kemudian kaligrafi Islam, lomba pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Lalu, lomba video pendek dan film, serta seni hadrah.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.