Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah Menjaga Kuku Cantik dan Sehat yang Perlu Diketahui

Ini Cara Mudah Menjaga Kuku Cantik dan Sehat yang Perlu Diketahui
Foto: Memotong kuku (Shaun dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Memiliki kuku yang indah dan sehat adalah dambaan bagi banyak wanita. Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya demi mendapatkan kuku yang cantik dan menarik dilihat.

Untuk mendapatkan kuku yang cantik tidak selalu harus melakukan perawatan di klinik kecantikan atau pakai produk tertentu. Selama ini, masih banyak yang mengganggap remeh soal perawatan kuku.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan sendiri. Bagaimana caranya?

Baca juga: Ini Cara Memotong Kuku yang Benar, Jangan Asal Potong ya!

Melansir dari Halodoc, Sabtu (19/11/2022), agar kuku tetap cantik dan sehat, ada beberapa tips yang bisa dicoba, yaitu:

Jangan Memotong Kutikula

Baik di salon ataupun di rumah, jangan pernah memotong kutikula saat merawat kuku. Kutikula adalah penghalang alami untuk jamur dan bakteri. Begitu kamu memotongnya, maka perlindungan akan hilang.

Ini tak hanya akan membuat kutikula jadi lebih jelek, bahkan juga memicu infeksi pada dasar kuku. Bukan tidak mungkin juga jika kuku akan rusak permanen.

Batasi Prosedur Manikur

Manikur adalah perawatan kuku yang sangat digemari. Untuk sesaat mungkin prosedur kecantikan ini membuat kuku terlihat cantik. Namun, jika terlalu sering, ini bisa membuat kuku jadi kering dan rapuh. Penyebabnya kemungkinan adalah paparan bahan kimia yang digunakan selama prosedur.

Kurangi Penggunaan Aseton

Aseton sering digunakan untuk menghapus kutek atau cat kuku. Sesekali mungkin tidak masalah. Namun, jika terlalu sering digunakan, aseton dapat membuat kuku jadi rapuh dan rusak.

Hindari Penggunaan Amplas yang Kasar

Mengikir kuku dengan menggunakan papan amplas mungkin sering dilakukan agar kuku cantik dan halus. Padahal, sebenarnya kebiasaan ini berbahaya, lo.

Mengamplas kuku dengan amplas kasar dapat memicu munculnya celah kecil dan retakan, yang menyebabkan kerusakan dan robekan pada kuku. Jadi, jika ingin mengamplas kuku, pastikan alat amplasnya tidak kasar, ya.

Menggunakan amplas yang halus pada kuku boleh saja, asal dilakukan dengan benar. Amplas kuku secara perlahan agar tidak merusak kuku, dan dalam satu arah saja.

Lembabkan Dasar Kuku dan Kutikula

Untuk menjaga kuku tetap cantik bisa juga dengan melembapkan dasar kuku akan membantu kuku tumbuh. Hal ini juga dapat membuat kutikula terlihat lebih baik dan membantu melindungi kuku agar tidak patah karena kurangnya kelembapan.

Jika kuku rentan patah, itu bisa menandakan bahwa kuku membutuhkan kelembapan. Mengoleskan minyak di sekitar kutikula dapat membantu melembabkan seluruh kuku, yang akan mengurangi insiden kuku retak dan pecah.

Jangan Mencuci Tangan Berlebihan

Meningkatnya kesadaran akan kebersihan selama pandemi membuat banyak orang jadi rajin cuci tangan. Ini tentu adalah hal yang baik. Namun, jika berlebihan tentu lain cerita.

Tak hanya berdampak pada kulit, mencuci tangan berlebihan juga bisa membuat kuku rusak dan tidak cantik lagi, lo. Solusinya, hindari cuci tangan berlebihan dan gunakan pelembap di area kutikula beberapa kali sehari.

Saat melakukan pekerjaan rumah, meminimalkan kontak dengan bahan kimia keras, termasuk cairan pencuci piring. Dengan mengenakan sarung tangan karet bila memungkinkan.

Minum Suplemen Biotin

Selama kamu makan makanan yang sehat dan bervariasi, kamu tidak memerlukan suplemen makanan apa pun untuk menjamin kuku yang kuat. Namun, orang dengan kuku yang lemah dapat mengonsumsi suplemen biotin. Suplemen biotin bermanfaat untuk memperkuat dan menumbuhkan kuku.

Nah, itulah pembahasan mengenai tips menjaga kuku tetap cantik dan sehat. Sebenarnya, cukup mudah untuk merawat kesehatan dan kecantikan kuku, bukan?

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.