Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Makanan yang Bisa Membantu Bersihkan Paru-Paru, Sudah Tahu?

Ini Makanan yang Bisa Membantu Bersihkan Paru-Paru, Sudah Tahu?
Ilustrasi

Murianews, Kudus – Paru-paru adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, menjaga paru-paru agar tetap sehat sangat penting dilakukan.

Meski demikian, untuk menjaga paru-paru sehat bukan urusan yang gampang. Pasalnya, banyak faktor lingkungan yang bisa mengakibatkan paru-paru menjadi kurang sehat, seperti pencemaran lingkungan, pola hidup kurang sehat, polusi udara hingga asap rokok.

Nah, untuk membersihkan paru-paru bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya melalui asupan makanan bersifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan meredakan gejala masalah paru-paru.

Baca juga: Ketahui, Ini Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Ginjal

Lantas, apa saja makanan pembersih paru-paru yang perlu diketahui?

Melansir dari Halodoc, Sabtu (19/11/2022), polusi udara dapat berdampak buruk pada kesehatan paru-paru dan tubuh secara keseluruhan. Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu membersihkan paru-paru dan meningkatkan pertahanan tubuh dari efek berbahaya polutan.

Ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan sehat kaya antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu membersihkan paru-paru. Dengan begitu, tubuh pun terlindungi dari polusi udara. Berikut ini makanan pembersih paru-paru yang sayang untuk dilewatkan:

1. Kunyit

Kunyit dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Senyawa aktif dalam kunyit dapat membersihkan paru-paru secara alami. Tanaman herbal ini juga membantu membangun kekebalan dan detoksifikasi tubuh. Untuk memanfaatkannya, kamu dapat menggunakan kunyit mentah atau bubuk ke dalam susu, salad, dan smoothie.

2. Madu

Madu adalah pemanis alami dan populer karena sifat antibakterinya dapat membantu mengurangi masalah pernapasan. Makanan ini juga dapat membantu membersihkan saluran udara dan menjaga kesehatan paru-paru. Sesendok madu yang dicampur ke dalam air hangat sangat bermanfaat untuk membersihkan paru-paru. Selain itu juga bermanfaat untuk meredakan pilek dan batuk.

3. Bluberi

Makanan pembersih paru-paru berikutnya yaitu bluberi. Buah ini mengandung banyak nutrisi, dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk melindungi dan menjaga fungsi paru-paru.

Buah ini juga sumber anthocyanin, termasuk malvidin, cyanidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin. Anthocyanin adalah pigmen yang terbukti dapat melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.

4. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Salah satunya karena adanya kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang terkonsentrasi dalam teh hijau. Zat tersebut memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, serta terbukti menghambat fibrosis atau jaringan parut pada paru-paru.

Perlu diketahui, fibrosis adalah penyakit yang ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu mengobati penyakit tersebut.

5. Minyak zaitun

Mengonsumsi minyak zaitun dapat mencegah kondisi pernapasan seperti asma. Minyak zaitun adalah sumber terkonsentrasi antioksidan, antiinflamasi, termasuk polifenol dan vitamin E, yang berperan sebagai manfaat kesehatan.

6. Kacang-kacangan

Makanan pembersih paru-paru selanjutnya yaitu lentil atau kacang-kacangan. Lentil mengandung banyak nutrisi yang membantu mendukung fungsi paru-paru, termasuk magnesium, zat besi, zinc, dan kalium.

7. Kacang brazil

Kacang brazil merupakan salah satu sumber selenium yang paling banyak yang bisa kamu konsumsi. Studi menunjukkan bahwa asupan selenium yang banyak dapat melindungi tubuh dari kanker paru-paru, meningkatkan fungsi pernapasan pada pengidap asma, dan meningkatkan pertahanan antioksidan, serta fungsi kekebalan tubuh. Hal tersebut tentu baik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.

Itulah yang perlu diketahui tentang makanan pembersih paru-paru. Tidak ada salahnya untuk mencoba merawat paru-paru dengan mengonsumsi makanan di atas. Namun,  jika kamu memiliki keluhan pada paru-paru, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.