Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mobil Mati Mendadak saat Berkendara, Ini Panduan Darurat yang Harus Dilakukan

Mobil Mati Mendadak saat Berkendara, Ini Panduan Darurat yang Harus Dilakukan
Ilustrasi (freepik.com)

Murianews, Kudus – Saat berkendara mobil di jalan raya terkadang muncul masalah yang tidak terduga. Salah satunya, mobil mendadak mati.

Hal ini terkadang bisa bikin panik pengemudi. Terlebih, jika saat itu arus lalu lintasnya cukup ramai.

Mobil yang mati mendadak alias mogok itu disisi lain juga bisa menghambat aktifitas yang harus dilakukan. Apalagi jika ada urusan yang mendesak dan penting tentu bisa repot.

Baca juga: Ini Cara Merawat Mobil Warna Putih biar Awet Kinclong, Gak Susak kok

Jika kebetulan dengan bengkel, mungkin persoalan mobil mogok bisa segera teratasi. Namun, jika ada di lokasi sepi tentu juga bisa bikin tambah ribet.

Nah, saat mengalami kondisi seperti ini, hal utama yang harus dilakukan adalah jangan sampai panik. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan, dilansir dari laman Suzuki, Sabtu (19/11/2022).

Menepi di Tempat Yang Aman

Saat mesin mati mendadak tapi mobil masih bisa bergerak, manfaatkan hal ini untuk bisa menepi ke sisi jalan yang aman. Nyalakan lampu hazard dan pilihlah tempat yang aman dan memiliki penerangan yang cukup.

Setelah menepi Anda bisa memeriksa kondisi mobil Anda dengan membuka kap mesin. Jangan lupa selalu awasi barang penting di dalam mobil untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Taruh juga  segitiga pengaman di belakang mobil agar kendaraan lain tahu mobil Anda sedang bermasalah.

Cek Indikator Dashboard

Cara termudah mengetahui kendala pada mobil adalah dengan melihat panel instrumen di dashboard. Perhatikan lampu indikator mana saja yang menyala, misalnya jika lampu yang berbentuk termometer menyala, hal ini berarti mobil Anda mengalami overheat, sedangkan jika lampu berbentuk aki yang menyala maka masalah ada pada aki.

Matikan mesin dan starter kembali untuk melihat apakah indikator tersebut mati setelah distarter ulang. Tapi jangan dilakukan berlebihan, sebab starter ulang lebih dari 3 kali berturut-turut bisa merusak komponen starter motor, baterai dan kualitas oli mesin.

Periksa Radiator Mobil

Penyebab mogok paling umum adalah mobil yang overheat atau terlalu panas. Jika mengalami hal ini, segera periksa radiator dan tambahkan air radiator atau air biasa.

Tapi jangan langsung mengisi air pada saat mesin masih panas, sebab semburan air panas dari radiator bisa melukai Anda. Tunggulah hingga mesin dingin atau sekitar 20 menit, baru tuangkan air ke dalam radiator dan tunggu kembali beberapa saat sebelum menyalakan mesin kembali.

Periksa Aki

Aki yang soak juga menjadi penyebab utama mesin mendadak mati. Biasanya hal ini disebabkan oleh aki yang melemah atau kehabisan daya listrik. Buka kap mesin dan periksalah bagian terminal aki apakah sudah terpasang dengan benar.

Cek juga keberadaan bagian positif (+) dan negatif (-) pada aki termasuk juga dengan kabel-kabelnya. Jika permasalahannya adalah aki yang soak, satu-satunya cara adalah dengan mengecas aki atau ganti dengan yang baru.

Pastikan Oli Masih dalam Kondisi Normal

Kekurangan oli juga bisa mengakibatkan mobil mati mendadak. Karenanya, periksa bagian indikator oli untuk mengetahui apakah level oli masih ada pada batas normal atau butuh segera ditambahkan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: Suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.