Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disdikbud Pati: Pendidikan Nonformal Tempat Mengasah Bakat Anak

Disdikbud Pati: Pendidikan Nonformal Tempat Mengasah Bakat Anak
Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) di Pendapa Kabupaten Pati, Sabtu (19/11/2022). (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, Winarto menyebut, pendidikan nonformal tak kalah penting dengan pendidikan formal.

Menurutnya, bakat anak sering kali terasah justru di pendidikan nonformal. Itu diungkapkan dia saat hadir di acara peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) di Pendapa Kabupaten Pati, Sabtu (19/11/2022).

Baca: Alhamdulillah, Puluhan Anak Yatim di Gembong Pati Dapat Santunan

’’Pendidikan nonformal dipandang sebelah mata. Padahal, sejatinya adalah pendidikan yang sangat penting utamanya termasuk PAUD. Sebab itu, fundamen bagi anak untuk pendidikan berikutnya,’’ ujar Winarto.

Ia menilai Hari Aksara ini dapat dijadikan momen pengingat pentingnya kemampuan pemahaman literasi guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Pasalnya, literasi Indonesia berada di urutan ketiga dari bawah di dunia.

Baca: Mengenal Aksara Thai, Huruf dan Bahasa yang Sama di Asia Tenggara Daratan

’’Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar kita memahami pentingnya pendidikan nonformal bersama yang lain (formal) untuk membentuk manusia yang berkualitas,’’ bebernya.

Ia berharap kegiatan ini semakin menambah motivasi kepala instansi pendidikan nonformal dan gurunya. Terutama untuk terus berkreasi dan melakukan inovasi agar pendidikan nonformal semacam PAUD menjadikan lembaga yang berkualitas.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.