Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Alhamdulillah, Puluhan Anak Yatim di Gembong Pati Dapat Santunan

Alhamdulillah, Puluhan Anak Yatim di Gembong Pati Dapat Santunan
Anak yatim dan dhuafa di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mendapatkan santunan, Sabtu (19/11/2022). (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Puluhan anak yatim dan dhuafa di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mendapatkan santunan dari Yayasan Perguruan Islam (YPI) Monumen Mujahidin Bageng, Gembong, Sabtu (19/11/2022).

Sebanyak 74 anak yatim dan dhuafa menerima santunan. Mereka merupakan siswa-siswi dari 13 sekolah/madrasah di lingkungan Kecamatan Gembong. Masing-masing mendapatkan satu paket sembako dan uang tunai.

Kegiatan itu merupakan rangkaian acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dan Haul Masyayikh PIM Mujahidin 2022. Penyalur santunan dibalut dalam kegiatan bertema ’’Cinta dan Santun kepada Anak Yatim dan Dhuafa’’ di Lantai 2 Gedung MTs PIM Mujahidin.

Baca: Lazismu dan RS Fastabiq Pati Gelar Pengobatan Gratis dan Santunan Anak Yatim

Ketua Umum YPI Monumen Mujahidin Bageng, Kunadi mengatakan, kegiatan santunan itu merupakan agenda rutin tahunan. Biasanya kegiatan dilaksanakan pada Muharram, namun kali ini dibarengkan dengan peringatan Maulid Nabi.

’’Penerima santunan termasuk juga anak yatim dan dhuafa dari luar Gembong yang bersekolah di sini. Begitu pula siswa tingkat RA, MI, dan MTs di lingkungan Mujahidin yang yatim dan dhuafa,’’ ujarnya.

Mayoritas atau sekitar 80 persen penerima santunan merupakan anak yatim. Adapun sebagian lainnya adalah dhuafa. Sedangkan sumber dana santunan berasal dari partisipasi keluarga besar pengurus yayasan, para guru, orang tua wali dan para dermawan lainnya.

’’Harapan kami, kegiatan ini bisa mendidik dan melatih diri kami sendiri, bapak-ibu guru, serta masyarakat sekitar untuk membiasakan diri menyisihkan sebagian rezeki untuk diberikan pada pihak yang berhak menerima, khususnya anak yatim dan dhuafa,’’ kata Kunadi.

Baca: Siap-Siap Berdansa Bersama Shaggydog di Pesta Rakyat Simpedes Pati Nanti Malam

Selain santunan anak yatim, rangkaian Peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Haul Masyayikh PIM Mujahidin Bageng meliputi acara Khotmil Qur’an Bil Ghoib, Khotmil Qur’an Bin Nadzor oleh siswa-siswi MTs dan MA, serta pembacaan yasin dan tahlil maqbaroh muassis.

Untuk acara puncaknya yakni, ’’Mujahidin Bersholawat’’. Rencananya agenda itu dihadiri Habib Ali Zainal Abidin Assegaf dari Jepara. Acara shalawatan ini terbuka untuk masyarakat umum.

Acara tersebut rancananya digelar di halaman kompleks YPI Monumen Mujahidin Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Pati, pada Jumat (25/11/2022) mendatang mulai pukul 19.00 WIB.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.