Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perkokoh Ekosistem Digital, AMSI Gelar IDC dan AMSI Awards 2022

Perkokoh Ekosistem Digital, AMSI Gelar IDC dan AMSI Word 2022
Panitia IDC dan AMSI Word 2022 sedang rapat bersama (Istimewa)

Murianews, Jakarta – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan menggelar Indonesia Digital Conference (IDC) 2022. Gelaran ini sebagai upaya untuk menjemput dunia yang kian digital dengan pola-pola terbarukan.

Gelaran yang rencananya akan dilakukan pada 22-23 November 2022 di Hotel JS Luwansa, HR Rasuna Said Kuningan Jakarta ini, menjadi momen penting untuk menjemput transformasi dunia menuju digital.

Ketua AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan, IDC 2022 menjadi agenda besar tahunan AMSI untuk menjadi cermin reflektif atas apa yang sedang dan akan terjadi di luar. Selain itu juga akan membahas tentang berbagai tren dan fenomena terkini di dunia digital.

”IDC itu ajang kita bisa berefleksi diri, kita sekarang ada di mana, siapa teman atau partner bisnis yang harus kita jaga, teknologi macam apa, dan gelombang yang akan datang seperti apa, supaya kita antisipasi lebih dini,” ujar Wens, seperti keterangan tertulis yang diterima Murianews, Sabtu (19/11/2022).

Baca: Halau Hoaks, AMSI Hadirkan Jurnalime Pre-Bunking

Wens mengatakan, IDC tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang fokus pada tema-tema outward looking.  Tahun ini justru akan diwarnai juga dengan tema-tema yang inward looking.

”Kita sedang memasuki fase bangkit dari keterpurukan masif akibat pandemi Covid 19. Dampaknya terasakan sekali oleh teman-teman media, sehingga kita perlu juga membahas beberapa topik ’dalam negeri’ seputar isu media sustainability. Bagaimana soal-soal publisher right, soal-soal digital advertising, keamanan data, regulasi negara, dan juga model-model bisnis baru yang tak melulu bicara soal traffic atau pageviews,” imbuhnya.

Gelaran IDC 2022 ini pun akan dilakukan secara hybride. Peserta yang hadir secara offline hanya dibatasi sebanyak 150 orang.

”Sudah terisi pendaftar, termasuk oleh para pemimpin redaksi pengurus AMSI dari Aceh sampai Papua. Sekarang masih bisa mendaftar sebagai peserta online,” terangnya.

Baca: Pacu Semangat Digitalisasi, AMSI Jateng Gelar Jateng Digital Awards 2022

Kemudian, untuk melakukan pendaftaran bisa dilakukan melalui web resmi AMSI atau akun medsos AMSI untuk klik link pendaftaran.  Kalau pun tidak sempat, nanti tetap bisa menyimak lewat akun Youtube resmi AMSI dan akun Youtube media-media anggota AMSI yang juga menyiarkannya dari 24 wilayah di Indonesia.

”Pendaftaran gratis, tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Sementara Ketua Panitia IDC dan AMSI Awards 2022 Yosep Adi Prasetya mengatakan, rangkaikan IDC dan Amsi Awards 2022, bisa terselenggara berkat dukungan penuh dari USAID dan Internews. Juga karena dukungan para sponsor seperti PT Astra International Tbk, Jixie, PT Huawei Tech Investment, PT Astra Honda Motor, PT Link Net Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Pada IDC 2022, panitia telah menyiapkan enam sesi dengan tema soal industri, media, keuangan, telekomunikasi, periklanan, dan isu tentang perlindungan data pribadi. Semua mengacu pada tema utama ”Web 3.0, Peluang dan Tantangan Model Bisnis di Era Digital”.

Baca: AMSI jadi Optimisme Baru Perangi Hoaks 

”Kami juga masih menunggu konfirmasi dan mengharap  Presiden RI, Bapak Joko Widodo berkenan hadir dan membuka rangkaian acara IDC dan AMSI Awards 2022,” terangnya.

Pihaknya juga mengapresiasi upaya AMSI untuk penyelenggaraan AMSI Awards. Dia berharap gelaran itu bisa memberi motivasi dan inspirasi bagi media-media siber di Indonesia dan media pada umumnya untuk terus menjadi media yang konsen terhadap kualitas jurnalisme  dan bertumbuh sehat secara bisnis.

”Kita bisa banyak belajar dari para peserta. Siapa peraih Award-nya, tunggu tanggal 23 November,” pungkasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar

Ruangan komen telah ditutup.