Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hujan Deras, 1 Rumah di Wonogiri Nyaris Roboh Gegara Longsor

Ilustrasi (Pixabay)

Murianews, Wonogiri – Hujan lebat yang melanda Desa Pucung, Wonogiri sejak Jumat (18/11/2022) malam hingga Sabtu (19/11/2022) pagi mengakibatkan titik longsor di desa setempat. Akibatnya, satu rumah warga nyaris roboh lantaran menggantung usai tebing ambrol.

Camat Kismantoro, Sularto menyebutkan, rumah tersebut diketahui milik Tukiman, warga Dusun Gandring RT 2 RW 4, Desa Pucung, Kismantoro, Wonogiri. Sementara kejadian tebing longsor terjadi pukul 04.00 WIB.

”Kejadiannya tadi pagi, sekitar pukul 04.00 WIB. Mungkin karena tanah tebing tak kuat menahan tingginya intensitas air,” katanya seperti dikutip Detik Jateng.

Baca: 3 Rumah di Wonogiri Rusak Tertimpa Longsor

Sularto mengatakan, selain membuat rumah menggantung, material longsoran tebing juga menimpa dua rumah warga di bawah rumah Tukimin. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

”Namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 7 juta. Saat ini kami masih melakukan infentarisir,” ungkapnya

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sudah melakukan upaya penanganan darurat. Warga bersama relawan gotong royong membersihkan material longsoran dan membuat trucuk agar tidak terjadi longsor susulan.

Sularto menambahkan, ada beberapa desa di Kismantoro yang rawan longsor saat hujan deras dalam waktu yang lama. Desa rawan longsor itu di antaranya Desa Bugelan, Ngroto, dan Pucung.

”Masyarakat di sana sudah paham kalau masuk wilayah rawan bencana. Mereka juga siap tanggap. Saat terjadi bencana juga langsung bergerak. Sering mendapatkan pelatihan juga,” pungkas Sularto.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik Jateng

Ruangan komen telah ditutup.