Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Buka Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah, Jokowi Ucapkan Terimakasih Dibantu Perangi Covid

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah di Solo. (Tangkap Layar YouTube Skretariat Presiden)

Murianews, Solo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11/2022). Dalam pembukaannya Jokowi sempat menyinggung dan mengucapkan terimakasih atas peran Muhammadiyah dalam menangani pandemi Covid-19.

Presiden diketahui Jokowi tiba di Stadion Manahan pukul 08.10 WIB. Orang nomor satu di Indonesia itu tiba bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menaiki mobil listrik.

Mantan Wali Kota Solo itu menyalami sejumlah penyambut tamu. Terlihat pula Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Jokowi bersama sang istri pun menempati tempat duduk yang sudah disiapkan panitia.

Baca: Muhammadiyah Berusia 110 Tahun, Ini Sejarah Organisasi yang Didirikan Ahmad Dahlan

Sebelum pembukaan Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah diawali dengan berbagai acara. Seperti tari kolosal dan pembacaat ayat suci Alquran.

Usai sambutan dari Ketum PP Aisyiyah Siti Noorjanah Johantini dilanjutkan sambutan dari Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Usai sambutan kedua pemimpin tersebut, Presiden Jokowi memberikan sambutan sekaligus membuka muktamar.

Dalam sambutannya Jokowi mengaku sangat bersyukur dan terhormat bisa hadir dan membuka Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah.

”Saya sangat bersyukur, saya senang, dan merasa sangat terhormat bisa hadir di Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah pada pagi hari ini. Dal alhamdulillah, saya dan Bu Iriana bisa bersilaturahmi dengan bapak ibu semuanya,” kata Jokowi di Stadion Manahan, Solo yang disiarkan langsung YouTube Sekretariat Presiden.

Setelah, Jokowi melanjutkan, di Kamboja 4 hari, langsung ke Bali KTT G20 tiga hari, dan dua hari yang lalu terbang ke Bangkok Thailand.

”Dua hari tadi malam saya masih berada di Bangkok, sampai di Solo jam 11 malam. untuk hadir di KTT APEC seharusnya selesai sore hari ini. Tetapi karena hormat saya, respect saya terhadap undangan PP Muhammadiyah dan Aisyiyah maka saya pulang duluan. mendahului pemimpin yang lain, supaya bisa berjumpa dengan bapak ibu semuanya,” ungkapnya.

Baca: Muhammadiyah Jateng Ungkap 3 Agenda Pokok Muktamar di Solo

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Muhammadiyah dan Aisyiyah yang selama ini sudah membantu dalam penanganan COVID-19.

”Di forum yang sangat terhormat ini, saya ingin sampaikan terimakasih, atas dukungan keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam membantu penanganan Covid-19 di tiga tahun terakhir,” tuturnya.

Jokowi menyebutkan, selama pandemi Muhammadiyah sudah menggerakkan 120 rumah sakit dan 235 klinik kesehatan yang aktif dalam mengedukasi masyarakat dan vaksinasi selama pandemi.

”Alhamdulillah Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid. Indonesia juga termasuk negara dga vaksinasi terbanyak di dunia. Total ada 440 juta dosis vaksin yang sudah disuntikkan kepada masyarakat,” terangya

Jokowi pun mengucapkan kepada semua anggota Muhammadiyah untuk bermuktamar. ”Selamat bermuktamar, selamat bermuktamar dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrohim, muktamar saya buka hari ini,” pungkas Jokowi.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.