Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Manfaat Minyak Esensial Buah Juniper untuk Kecantikan Kulit

Ketahui, Ini Manfaat Minyak Esensial Buah Juniper untuk Kecantikan Kulit
Foto: Buah juniper (pixabay.com)

Murianews, kudus – Juniper atau Juniperus communis adalah sejenis tanaman semak yang memiliki buah berukuran kecil. Tanaman ini tumbuh di berbagai belahan dunia, mulai Eropa dan Amerika Utara hingga Asia.

Buah juniper dikenal sebagai salah satu obat herbal sejak dulu. Selain itu, buah ini juga dimanfaatkan untuk bumbu masakan, seperti rempah.

Tak hanya itu, buah juniper juga mulai dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit. Hal ini karena juniper punya sifat antibakteri, antiseptik dan anti-inflamasi yang  membantu dalam memerangi jerawat sehingga baik untuk kecantikan kulit.

Baca juga: Ketahui, Ini Manfaat Minyak Geranium untuk Wajah dan Tubuh

Melansir dari Halodoc, Kamis (17/11/2022), sebagai minyak esensial, buah juniper bekerja menyeimbangkan produksi sebum di kulit dengan mengurangi produksi minyak berlebih yang biasanya menjadi pemicu pertumbuhan jerawat.

Pengolahan buah juniper sebagai minyak esensial dapat membantu membuat warna kulit lebih merata, dan menenangkan kulit dari kemerahan sebagai dampak infeksi.  Ini dikarenakan ekstrak buah juniper memiliki sifat astringent yang bekerja membersihkan pori-pori secara mendalam dari minyak, kotoran, bakteri, dan senyawa lainnya.

Berikut ini adalah manfaat lebih lanjut dari minyak esensial buah juniper untuk kecantikan, yaitu:

1. Mengecilkan dan Mengencangkan Pori

Ekstrak buah juniper bekerja mengecilkan pori-pori, mengencangkan, dan meningkatkan penampilan keseluruhan wajah.  Juniper juga kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol yang membantu melawan efek berbahaya dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit.

2. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Antioksidan dari minyak esensial buah juniper bekerja mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan dan membantu mengembalikan kulit ke penampilan yang lebih muda. Khasiat dari buah juniper juga bekerja melindungi kulit, membuat kulit lebih tangguh dari kerusakan lebih lanjut karena lingkungan dan radiasi UV.

3. Mengatasi Masalah Selulit

Manfaat luar biasa lainnya dari buah juniper adalah kemampuannya untuk memerangi kondisi selulit. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan sirkulasi di lapisan sebaceous kulit dan membantu melarutkan lemak yang luar biasa sehingga dapat meningkatkan penampilan selulit.

4. Melawan Ketombe

Manfaat buah juniper lain untuk kecantikan adalah meningkatkan kondisi dan kesehatan kulit kepala dan rambut. Minyak esensial dapat membantu melawan ketombe dengan menenangkan kulit kepala yang meradang dan membersihkan kulit kepala dari bakteri atau jamur penyebab ketombe.

Sifat astringent pada buah juniper adalah membantu membersihkan kulit kepala secara mendalam dan menyeimbangkan produksi minyak untuk memastikan folikel rambut tidak tersumbat dan karenanya membuat rambut lebih kuat.

5. Mengenyalkan Kulit

Karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, minyak esensial juniper dapat memperbaiki tampilan stretch mark, membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dengan mendorong retensi air di kulit, sehingga kulit yang kenyal dan bercahaya.  Secara keseluruhan, minyak esensial juniper adalah produk kecantikan efektif yang bekerja sebagai pelindung terhadap tekanan dari lingkungan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.