Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah Bersihkan Kaca Spion Motor agar Tetap Kinclong

Ini Cara Mudah Bersihkan Kaca Spion Motor agar Tetap Kinclong
Foto: Ilustrasi kaca spion (Alissa De Leva dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Pada sepeda motor pasti dilengkapi dengan kaca spion. Ada dua buah kaca spion yang terpasang di atas stang motor, yakni kanan dan kiri.

Selama ini, banyak pemilik motor yang menganggap kaca spion hanya sebagai hiasan saja. Bahkan, ada pemilik motor yang mencopot atau mengganti dengan ukuran kecil dan tidak berstandar karena menganggap sepele keberadaan kaca spion ini.

Sebaiknya, jangan mengganggap sepele kaca spion ini karena punya fungsi penting bagi pengendara. Bahkan, tidak sedikit pengendara motor yang menganggap kaca spion motor orisinal bawaan pabrik kurang keren dan cukup mengganggu.

Baca juga: Awas! Jangan Asal Ganti Kaca Spion Sepeda Motor, Ini Alasannya bro

Mereka menganggap kaca spion bawaan pabrikan sering dianggap terlalu besar/lebar, sehingga kurang nyaman saat bermanuver di tengah kemacetan lalu lintas. Karena alasan itulah kemudian kaca spion diganti dengan yang ukuran yang lebih kecil.

Melansir dari Federaloil.com, Kamis (17/11/2022), fungsi kaca spion juga penting yakni untuk mengurangi angka kecelakaan serta sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Untuk itu kondisi kaca spion harus diperhatikan kebersihannya biar bisa melihat obyek di belakang dengan jelas.

Nah, berikut tips untuk membersihkan kaca spion motor agar tetap kinclong!

1. Gunakan Pasta Gigi

Pertama-tama, usapkan pasta gigi dipermukaan kaca spion hingga merata, kemudian bilas dengan air bersih, kemudian lap permukaan kaca spion sampai kering.

2. Menggunakan Tembakau

Selain itu, dapat menggunakan tembakau untuk mengembalikan kecerahan kaca spion kalian seperti semula. Caranya, rendamkan tembakau di air bersih, kemudian baru dioleskan air rendaman tersebut bersama tembakau tersebut di kaca spion motor, dan diamkan sekitar 5-10 menit. Jika sudah, maka lap kaca spion hingga kering.

3. Cuka atau Alkohol.

Meskipun keduanya mengandung bahan kimia yang agak keras, tapi alkohol dan cuka cukup ampuh untuk menghilangkan kotoran bandel yang hinggap di kaca spion motor. Usapkan cuka atau alkohol ke seluruh permukaan kaca spion untuk menghilangkan noda-noda yang mengganggu, setelah semua bersih, barulah bersihkan dengan lap kering.

Patut diingat, ketika sehabis membilas kaca spion dengan air, baiknya langsung dilap dengan kain kering bersih dan jangan menunggu hingga air mengering dengan sendirinya. Tujuannya adalah agar tidak timbul jamur di kaca spion kalian.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.