Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

94 SD di Karanganyar Bakal Digabung, Disdikbud: Paling Cepat Tahun Depan

Ilustrasi. (Kemendikbud)

Murianews, Karanganyar – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud ) Karanganyar berencana menggabung atau regrouping 17 persen atau sekitar 94 SD. Selain jumlah siswa yang kurang dari angka ideal, lokasi sekolah juga menjadi pertimbangan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Disdikbud Karanganyar, Yopi Eko Jatiwibowo. Ia pun menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan screening.

”Masih kami screening lagi. Data terakhir sih ada 44 SD yang deal digabung. Tapi ini juga masih didata lagi,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Kamis (17/11/2022).

Baca: Diduga Keracunan Cilor, 20 Siswa SD 3 Balepanjang Dibawa ke Puskesmas

Ia menyebutkan, selain lokasi dan jumlah siswa, kepadatan penduduk dan potensi jumlah siswa TK yang akan masuk SD juga menjadi alasan tersendiri.

”Paling cepat penggabungan itu baru akan direalisasikan tahun depan,” ungkapnya.

Sejauh ini, lanjutnya, rencana penggabungan tersebut mendapat dukungan dari Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Minimnya murid, satu kelas kurang dari 10 anak, menurut Bupati, memengaruhi kegiatan belajar mengajar di sekolah.

”Selain itu, kalau muridnya sedikit, kasihan juga. Secara psikologis, mau belajar malah jadi tidak semangat, karena temannya sedikit,” kata Bupati belum lama ini.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.