Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sandy Walsh dan Jordi Amat Didaftarkan ke Piala AFF 2022

Sandy Walsh dan Jordi Amat
Setelah resmi jadi WNI, Sandy Walsh dan Jordi Amat didaftarkan ke Piala AFF 2022 (PSSI)

Murianews, Jakarta – Sandy Walsh dan Jordi Amat didftarkan ke Piala AFF 2022. Ketua umum PSSI, Iwan Bule menegaskan hal ini usai keduanya resmi menjadi WNI, Kamis (17/11/2022).

Iwan Bule menyatakan, kedua pemain itu akan masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Pendaftaran pemain untuk turnamen ini akan ditutup pada 20 November 2022.

Namun apakah nantinya bisa dimainkan atau tidak, hal ini yang masih belum bisa dipastikan. Karena turnamen Piala AFF bukan agenda resmi FIFA, ada kemungkinan klub dari dua pemain ini tidak mengijinkannya.

“Insya Allah. Kalau ke daftar pemain Timnas (ke Piala AFF 2022) sudah dimasukkan, nanti kalau main kan harus ada izin (dari klub masing-masing). Tapi kalau namanya (Sandy dan Jordi) sudah dimasukkan oleh Shin Tae Yong,” ujar Iwan Bule, Kamis (17/11/2022).

Selain itu, saat ini PSSI juga masih harus menuntaskan status kedua pemain itu. Tahap terakhir adalah mengurus kepindahan dokumen dari federasi masing-masing pemain ini.

BACA JUGA: Sandy Walsh dan Jordi Amat Disumpah Jadi WNI

Sandy Walsh selama ini terdaftar di KNVB, federasi sepak bola Belanda. Sedangkan Jordi Amat adalah pemain yang terdaftar di REEF, federasi sepak bola Spanyol.

Iwan Bule menyatakan, masalah perpindahan status federasi ini akan segera diproses oleh PSSI. Sehingga kepindahan mereka tuntas, dan bisa segera memperkuat Timnas Indonesia.

“Nantinya juga kami mengirim surat ke FIFA soal perpindahan federasi dari Spanyol dan Belanda ke PSSI. Mohon doanya dari teman-teman agar proses ini cepat selesai sehingga bisa memperkuat Timnas kita di AFF. Namun bersabar karena prosesnya harus dilalui,” ujar Iwan Bule.

Sementara itu, satu nama pemain lainnya, Shayne Pattynama sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Pengajuan kewarganegaraan RI pemain ini sudah disetujui DPR RI. Namun demikian belum semuanya selesai.

 

Penulis: Budi Santoso
Editor: Budi Santoso
Sumber: PSSI

Ruangan komen telah ditutup.