Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Begini Awalnya Kopi Tjolo Kudus Terpilih Mejeng di G20 Bali

Salah satu delegasi d KTT G20 Bali melihat produk Kopi Tjolo Kudus. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Kopi Tjolo Kudus menjadi usaha mikro kecil dan Menengah (UMKM) yang terpilih untuk membuka stan di di Konferensi Tingkat Tinggi G20 Bali. Stan lainnya lebih banyak diisi oleh instansi, perusahaan, hingga perguruan tinggi.

Untuk diketahui, sebanyak 18 stan ikut meramaikan Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang dilangsungkan di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali. Yakni pada Selasa (15/11/2022) hingga Rabu (16/11/2022).

Satu stan UMKM hanya diisi oleh Kopi Tjolo Kudus. Sedangkan 17 lainnya diisi perusahaan, di antaranya Pusat Veterinar Farma, PT Perkebunan Nusantara XII, PT Bio Farma, PT INKA, PT Muria Bahari Indonesia, PT Sri Rejeki Isman, Universitas Brawijaya, dan lainnya.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kudus Safrul Kamaludin menjelaskan awal mula Kopi Tjolo terpilih untuk ikut serta di G20 Bali. Hal itu bermula dari kunjungan pihak delegasi Libya melihat produk UMKM Kudus pada Selasa (19/7/2022).

”Dari situ produk Kopi Tjolo dilirik dan diseleksi. Kemudian ada seleksi produk, packaging, dan lain-lainnya,” katanya, Kamis (17/11/2022).

Baca: Produk Robusta dari Kopi Tjolo Kudus Bikin Kepincut Delegasi KTT G20

Pihaknya mengaku support produk UMKM Kudus. Bahkan pihaknya berkeinginan agar produk UMKM asal Kota Kretek tidak hanya dikenal di tingkat nasional, melainkan ke kancah internasional.

”Harapan kami produk Kopi Tjolo dapat terus dikenal. Begitu juga produk UMKM Kudus yang lain dapat ke level Internasional,” ujarnya.

Antusias para delegasi negara di KTT G20 Bali terhadap Kopi Tjolo diklaim juga cukup apik.

”Kopi Tjolo jadi satu-satunya stan UMKM. Yang lain stan perusahaan, tetapi para delegasi justru fokusnya ke kami dan mencoba produk robusta dari Kopi Tjolo. Awalnya sempat minder tetapi setelah pada datang ke stan kami ya ada rasa kebanggaan,” kata Pujiharto, Owner Kopi Tjolo.

Baca: Kopi Tjolo Kudus Mejeng di G20 Bali

Beberapa delegasi yang telah mencoba kopi robusta mengatakan enak dan tertarik. Bahkan ada yang membawa kopi robusta ke dalam forum rapat.

”Responnya begitu bagus. Ada yang bilang enak dan memuji kualitasnya. Bahkan mereka berniat membeli juga dan nantinya kami,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.