Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan

Ketahui, Ini Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan
Foto: Tape ketan hitam (cookpad.com)

 

Murianews, Kudus – Tape adalah salah satu makanan khas Indonesia dan terdapat di berbagai daerah. Selain singkong, tape juga dibuat dari bahan beras ketan putih dan ketan hitam.

Makanan ini rasanya manis menyegarkan. Tak heran tape, khususnya dari ketan hitam sangat digemari orang.

Selain enak, tape ketan hitam ternyata juga punya beberapa manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Baca juga: Manfaat Buah Pinang Muda untuk Kesehatan Pria, Bisa Bantu Atasi Ejakulasi Dini

Melansir dari Halodoc, Rabu (16/11/2022), untuk menghasilkan tape ketan hitam yang lezat, tentunya kamu harus mengikuti berbagai macam tahapan dalam prosesnya. Makanan ini merupakan makanan fermentasi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Proses fermentasi sendiri merupakan proses alami. Di mana, mikroorganisme seperti ragi dan bakteri mengubah karbohidrat menjadi alkohol atau asam. Alkohol dan asam yang muncul ini menjadi pengawet alami dan memberikan rasa yang berbeda pada makanan fermentasi.

Selain itu, proses fermentasi juga bisa meningkatkan kandungan prebiotik dalam suatu makanan. Probiotik ini berkaitan langsung dengan kesehatan pencernaan dan imunitas tubuh. Fermentasi juga yang membuat makanan memiliki kandungan vitamin B1 yang cukup tinggi.

Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi tape ketan hitam karena kudapan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu. Namun, pastikan tidak mengonsumsi berlebihan untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi.

Manfaat Tape Ketan Hitam

Karena tergolong sebagai makanan fermentasi, ini membuat tape ketan hitam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Probiotik yang tercipta selama proses fermentasi membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik pada pencernaan. Hal ini baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Probiotik juga mampu mengatasi gejala tidak nyaman akibat sindrom iritasi usus besar. Selain itu, tape ketan hitam yang melalui proses fermentasi juga bisa mengurangi perut kembung, keparahan diare, hingga sembelit.

2. Meningkatkan Imun Sistem Tubuh

Bakteri baik yang berkembang di pencernaan dalam jumlah yang sesuai dapat membantu untuk meningkatkan imun sistem tubuh. Mengonsumsi makanan fermentasi juga bisa membuat pemulihan yang kamu jalani setelah sakit menjadi lebih cepat.

3. Membuat Makanan Lebih Mudah Dicerna

Proses fermentasi membantu memecah nutrisi dalam makanan sehingga membuat makanan lebih mudah dicerna.

4. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tertentu

Bukan hanya vitamin B1, nyatanya bakteri baik dalam pencernaan membantu tubuh memproduksi beberapa jenis vitamin lainnya, seperti vitamin B2, B3, B5, B6, B12, dan K.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan probiotik berkaitan dengan penurunan risiko gangguan jantung. Ini karena probiotik mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Itulah berbagai manfaat tape ketan hitam yang bisa kamu ketahui. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan setelah mengonsumsi makanan fermentasi, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan pada kesehatan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.