Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tanggul Sungai di Ketitangwetan Pati Kembali Jebol, Warga Berharap BBWS Turun Tangan

Tanggul Sungai di Ketitangwetan Pati Kembali Jebol, Warga Berharap BBWS Turun Tangan
Warga memperbaiki tanggul Sungai Widodaren yang jebol pada Sabtu (12/11/2022) lalu. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Tanggul Sungai Widodaren yang mengalir melintasi Desa Ketitangwetan, Kecamatan Batangan, Pati, Jawa Tengah, jebol pada Sabtu (12/11/2022) lalu. Warga berharap Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) segera turun tangan.

Saat ini, para warga hanya melakukan penanganan secara mandiri. Mereka bergotong royong memperbaiki tanggul dengan bahan dan alat seadanya untuk memperbaiki tanggul yang jebol sekitar 25 m itu.

’’Warga berupaya secara mandiri. Dengan trucuk bambu dan karung yang diisi tanah. Hal itu dilakukan agar tak terjadi banjir lagi mengingat saat ini masih sering hujan deras terutama di Pegunungan Kendeng,’’ ujar Kepala Desa Ketitangwetan Ali Muntoha, Rabu (16/11/2022).

Baca: Gara-Gara Segel, Pemkab Pati Diadukan ke KPK hingga Presiden

Warga pun berharap BBWS Juwana segera turun tangan sehingga bila hujan datang, banjir tak melanda permukiman mereka. Mereka khawatir akan terjadi banjir lagi. Apalagi, beberapa hari terakhir ini curah hujan masih cukup tinggi.

’’Padahal saat ini baru awal musim penghujan. Kalau tidak segera ditangani tentu akan berdampak banjir susulan,’’ tambahnya.

Diketahui, jebolnya tanggul itu membuat rumah warga kebanjiran pada akhir pekan lalu. Banjir ini tentunya dikeluhkan oleh warga setempat. Selain mengganggu aktivitas warga, banjir juga mengancam perekonomian warga. Di antaranya yakni tergenangnya lahan sawah milik warga desa.

’’Kalau tergenang sawahnya akan lama surut. Kalau sudah begitu tentu akan rawan puso atau gagal panen,’’ pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.