Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KTT G20

KTT G20 di Bali, Ini Isi Pengesahan Pernyataan Para Pemimpin Dunia

KTT G20 di Bali, Ini Isi Pengesahan Pernyataan Para Pemimpin Dunia
Presiden Jokowi Resmi menutup gelarann KTT G20 di Bali (Tangkapan Layar)

Murianews, Bali – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali telah selesai. Para peserta G20 pun mulai meninggalkan bali untuk kembali ke negara asal.

Dalam KTT G20 di Bali itu, berhasil mengesahkan pernyataan para pemimpin atau Leaders’ Declaration. Beberapa kepala negara G20 menyepakati antara lain perlunya menegakkan hukum internasional dan sistem multilateral, menangani krisis ekonomi termasuk melalui kerja sama kebijakan makro internasional.

Selain itu juga mengupayakan ketahanan pangan dan energi, serta mengadopsi teknologi digital untuk mendorong inovasi.

Baca: Momen Ketika Jokowi Ajak Kepala Negara KTT G20 “Nyangkul” Bareng di Bali

Kemudian, para pemimpin G20 juga menyerukan komitmen bersama untuk mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), mengatasi perubahan iklim, dan memperkuat sektor kesehatan.

Terakhir, para pemimpin menyambut baik upaya Indonesia sebagai presiden G20 tahun ini untuk menyusun berbagai isu prioritas dan kerja sama internasional yang terkoordinasi dari negara anggota, negara undangan, serta organisasi regional dan internasional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan KTT G20 di Bali menegaskan segala pembahasan dalam pertemuan puncak tersebut tidak boleh gagal menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia.

”Hari ini mata dunia tertuju pada pertemuan kita. Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal,” tegas Jokowi.

Baca: Tiga Tari Tradisional Ditampilkan di Spouse Program KTT G20 di Bali

Jokowi menekankan sebagai presiden G20, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam dan sangat lebar.

Namun, kata dia, keberhasilan hanya akan dapat tercapai jika semua pemimpin dan delegasi, tanpa terkecuali, berkomitmen, bekerja keras, menyisihkan perbedaan-perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang konkret, sesuatu yang bermanfaat bagi dunia.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Antara

Ruangan komen telah ditutup.