Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Belajar Pemberdayaan Disabilitas, Dinsos P2KBP3A dan PPDI Magelang Kunjungi Pati

Belajar Pemberdayaan Disabilitas, Dinsos P2KBP3A dan PPDI Magelang Kunjungi Pati
PPDI Kabupaten Pati kedatangan tamu dari Kabupaten Magelang, Rabu (16/11/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos P2KBP3A) dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Magelang mengunjungi Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Rabu (16/11/2022).

Kedatangan mereka untuk berbagi ilmu dengan di Bumi Mina Tani. Mereka datang ke Sekretariat PPDI Kabupaten Pati. Kunjungannya ke Pati lantaran pemberdayaan penyandang disabilitas di Kabupaten Pati dinilai lebih baik.

’’(Ini) untuk belajar banyak tentang bagaimana pemberdayaan teman-teman penyandang disabilitas. Karena kita melihat pemberdayaan PPDi di Pati ini sudah jauh lebih baik daripada kami di Kabupaten Magelang,’’ ujar Kabid Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial Dinsos P2KBP3A Kabupaten Magelang Dian Hermawan.

Diharapkan usai mendapatkan ilmu dari PPDI Kabupaten Pati ini, penyandang disabilitas Kabupaten Magelang semakin termotivasi sehingga timbul kreativitas dan lebih maju.

Baca: FKDK: Tak Semua Anak Difabel Harus Sekolah di SLB

’’Tadi kami belajar banyak bagaimana menimbulkan motivasi kepada kawan-kawan. Bagaimana tidak ketergantungan dengan keterampilan dan bagaimana jenis-jenis ke kreatifitas yang bisa dikembangkan. Ini akan kami kembang di Kabupaten Magelang,’’ tutur dia.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga membeli Batik Ciprat khas PPDI Kabupaten Pati. Menurutnya, batik itu merupakan salah satu inovasi PPDI Kabupaten Pati yang patut diapresiasi.

Ketua PPDI Kabupaten Pati Suratno menambahkan, pihaknya merasa terharu dengan kedatangan PPDI Kabupaten Magelang dan Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang.

’’Kita saling mengisi, sama-sama belajar ada yang kurang di Kabupaten Magelang atau sebaliknya bisa dibagikan. Semoga teman-teman Magelang mendapatkan ilmu,’’ kata dia.

Baca: PPDI Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Penganiayaan Anak Difabel di Pati

Ia juga berharap, PPDI Kabupaten Magelang bisa lebih mandiri dan tidak bergantung pada sumbangan atau bantuan. Menurutnya semakin mandiri, maka kreativitas dan inovasi akan muncul.

’’Semoga bisa mandiri mampu mempunyai usaha yang baik. Nanti kita dan Dinsos saling berkoordinasi. Nanti mungkin bisa memberikan pelatihan di sana,’’ pungkas dia.

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.