Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kemenag Minta Penyelenggera Umrah Kembalikan Biaya vaksin Meningitis

Kemenag Minta Penyelenggera Umrah Kembalikan Biaya vaksin Meningitis
Foto: Ilustrasi vaksinasi (pixabay.com)

Murianews, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) meminta kepada para penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) agar mengembalikan biaya untuk vaksin meningitis. Hal ini menyusul adanya kebijakan dari Arab Saudi jika penyuntikan vaksin meningitis tidak wajib dilakukan.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengatakan, kementerian kesehatan (kemenkes) RI juga sudah mengeluarkan surat edaran terkait vaksin meningitis ini. karena sudah tidak wajib, maka penyelenggara harus mengembalikan jatah uang untuk vaksin tersebut.

”PPIU yang telah menerima biaya jemaah untuk keperluan vaksinasi meningitis agar mengembalikan biaya tersebut kepada mereka yang memutuskan tidak melakukan vaksinasi meningitis,” kata Hilman, dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (16/11/2022).

Baca: Vaksin Meningitis Bagi Jemaah Haji dan Umrah Tak Lagi Wajib

Hilman juga menegaskan vaksinasi meningitis tak menjadi persyaratan wajib untuk keberangkatan jemaah umrah. Namun, vaksin tersebut diwajibkan untuk para jemaah haji.

”Meski demikian, calon jemaah yang memiliki riwayat kesehatan dengan penyakit tertentu (komorbid), tetap dianjurkan melakukan vaksinasi meningitis dan vaksinasi lainnya sesuai ketentuan yang ditetapkan,” kata dia.

Hilman turut meminta PPIU untuk menyosialisasikan kebijakan baru tersebut, termasuk mengedukasi tentang perlunya vaksinasi meningitis, khususnya bagi jemaah yang memiliki komorbid.

Baca: Arab Saudi Cabut Syarat Vaksin Meningitis untuk Jemaah Umrah Indonesia

Menurutnya, berdasarkan hasil diskusi dengan sejumlah jemaah dan PPIU, mereka sebenarnya tidak keberatan dengan vaksin meningitis. Namun, mereka minta vaksin tersebut mudah diakses dan biayanya juga terjangkau.

”PPIU juga harus membantu jemaah yang ingin melakukan vaksinasi meningitis dengan berkomunikasi dengan fasilitas layanan kesehatan yang menyediakan vaksinasi meningitis tersebut,” ucapnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Ruangan komen telah ditutup.