Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jabar

Ratusan Mahasiswa IPB Tertipu Pinjol. Kerugian Capai Rp 2,1 Miliar

Ratusan Mahasiswa IPB Tertipu Pinjol. Kerugian Capai Rp 2,1 Miliar
Ilustrasi Pinjol (Freepik)

Murianews, Bogor – Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tertipu pinjaman online (Pinjol). Saat ini, para mahasiswa itu pun dikejar debt collector untuk menyelesaikan utang mereka yang kerugiannya mencapai Rp 2,1 miliar.

Wakapolresta Bogor Kota AKBP Ferdy Irawan mengatakan, korban dari pinjol ini ada sebanyak 311 orang yang sebagian besar adalah mahasiswa IPB.

”Berdasarkan pemeriksaan daripada pelapor atau korban, ini jumlah korban yang sudah berhasil didata adalah sebanyak 311 orang,” kata AKBP Ferdy Irawan, dikutip dari Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

Baca: Waspada! Rekening 6 Orang di Sragen Dikuras Penipu, Modusnya Pinjol Tanpa Jaminan

Khusus untuk mahasiswa IPB, pihak kepolisian baru mendapatkan dua laporan. Sementara 29 lainnya dalam bentuk laporan pengaduan. Terlapor dari kasus tersebut adalah SAN yang merupakan non mahasiswa.

”Total uang dari para korban yang tertipu kurang lebih sebesar Rp 2,1 Miliar dari 311 orang korban ini,” kata AKBP Ferdy Irawan.

Ferdy menjelaskan kasus ini sebenarnya terkait kerja sama antara korban dan terlapor atau pelaku. Terlapor menawarkan kerja sama usaha online dengan janji bagi hasil sebesar 10 persen.

Baca: Diduga Terlilit Pinjol, Pria Ini Nekat Bunuh Diri

”Tetapi syarat yang disampaikan terlapor ini bahwa pelapor atau para korban ini harus mengajukan pinjaman online,” katanya.

Hasil pinjaman tersebut diserahkan kepada terlapor atau yang berinisial SAN ini namun janji bagi hasil 10 persen tak kunjung dibayarkan.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.