Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Stok Elpiji di Kudus Dipastikan Aman saat Natal dan Tahun Baru

Tumpukan gas elpiji di bazar murah beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Kelangkaan elpiji saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) kerap terjadi. Namun, Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memastikan pasokan elpiji aman saat Nataru tahun ini. Utamanya elpiji bersubsidi 3 kilogram.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kudus, Minan Mochamad mengatakan pihaknya telah mengumpulkan 14 agen elpiji di Kota Kretek. Pihaknya memprediksi ketersediaan elpiji aman saat Nataru.

”Mereka nantinya kami minta melaporkan ketersediaan elpiji di pangkalan dan ketersediaan elpiji di agen saat Nataru,” katanya, Selasa (15/11/2022).

Minan menambahkan, saat ini kebutuhan elpiji dalam sebulan di Kudus yakni 800 ribu tabung. Elpiji tersebut merupakan elpiji tabung 3 Kilogram saja.

”Asalkan tidak ada force majeure seperti banjir yang mengharuskan pendirian dapur umum, kami rasa saat Nataru masih aman,” sambungnya.

Pihaknya juga meminta agar masyarakat mampu tidak menggunakan gas elpiji bersubsidi. Sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Baca: Elpiji Bocor Bikin Rumah di Boyolali Kebakaran, 1 Orang Dilarikan ke RS

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations, and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) Sub Holding Commercial and Trading PT Pertamina (Persero) Brasto Galih Nugroho mengatakan pihaknya akan membentuk Satgas Nataru. Tujuannya untuk memonitor ketersediaan elpiji.

”Kami akan membentuk Satgas. Tugasnya memonitor penyaluran BBM, elpij, dan avtur,” ujarnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.