Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Siswa MAN 2 Kudus Ciptakan Bioreaktor Penghasil Oksigen dari Seledri

Empat siswa MAN 2 Kudus yang berhasil membuat bioreaktor penghasil oksigen dari seledri. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Empat siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus berhasil menciptakan bioreaktor yang bisa menghasilkan oksigen dengan bahan baku enzim seledri. Hasil penelitian ini pun mengantarkan mereka meraih perak di International Science and Fair 2022 (ISF) Oktober-November 2022.

Mereka yakni Nadia Rizka Izzati, Alif Maya Asimatul Asir, Bintang Khoirul Muna, dan Ayudya Putri Tsaqiva.

Alif Maya mengatakan, bioreaktor yang dibuat tersebut bisa digunakan sebagai alternatif oksigen.

Ide tersebut mereka dapatkan dari pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu yang sempat membuat langka tabung oksigen, sehingga mereka pun berinisiatif untuk membuat inovasi ini.

”Bahan baku utama menggunakan seledri, lalu ada buffer fosfat, dan hidrogen peroksida,” katanya, Selasa (15/11/2022).

Bioreaktor yang mereka buat ini dibuat dengan menyampurkan hidrogen peroksida dan buffer fosfat. Kemudian diberi enzim katalase yang dibuat dari seledri yang dihaluskan dan sudah diolah dengan cairan buffer fosfat.

”Cara penggunaanya juga mudah, setelah semua larutan tercampur kemudian kemasan botol yang sudah ditutup dan diberikan selang untuk mengalirkan oksigen ke pernapasan,” ujarnya.

Baca: Bioreaktor Kapal Selam di Kudus Ini Jitu untuk Atasi Masalah Sampah

Meski demikian, bioreaktor tersebut hanya mampu betahan sekitar 1,5 jam dengan komposisi seledri 40gram.

”Ini cuma alternatif, bukan untuk pengganti tabung reaksi oksigen. Contoh bisa digunakan untuk antisipasi saat napas terengah-engah saat mendaki gunung, jadi tidak perlu pakai tabung oksigen yang berukuran besar,” ungkapnya.

Guru pembimbing riset, Munirotun Roiyana mengatakan, riset yang dilakukan oleh anak didiknya awalnya dilakukan pengujian terhadap sejumlah sayuran yang memiliki kandungan peroksisom yang bisa menghasilkan enzim katalase yang bisa diurai menjadi oksigen.

Baca: Pena Detektif Buatan Siswa MAN Kudus Sabet Emas Internasional

Ada sejumlah pilihan tumbuhan sayuran yang diuji kala itu, seperti wortel, brokoli, hingga seledri.

”Dan ternyata kandungan oksigennya yang paling tinggi itu seledri, sehingga akhirnya dipilihlah seledri sebagai bahan baku,” ucapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.